Alasan Botol Minum Bisa Menjadi Sarang Bakteri

Alasan Botol Minum Bisa Menjadi Sarang Bakteri

Berita Terbaru Botol minum merupakan benda yang penitng bagi semua orang untuk menemani aktivitas sehari – hari. Karena nyatanya membawa botol minum dinilai lebih ramah lingkungan, karena tidak akan menambah pemakaian plastik saat mengonsumsi air mineral kemasan. Namun nyatanya, biarpun botol minumanmu sudah diberi label bebas dari zat kimia sintetis , kamu tetap masih berpotensi terkena penyakit dari penggunaan botol minummu lho. Bakteri penyebab penyakit tersebut muncul, karena kebiasaanmu dalam menjaga kebersihan botol minum milikmu.Berikut perihal ini yang harus dijauhi olehmu :

Alasan Botol Minum Bisa Menjadi Sarang Bakteri

Jarang membersihkan botol minuman
Walaupun hanya diisi air putih, biasakan untuk mencuci botol minummu setidaknya sehari sekali. Sama seperti gelas yang kita pakai untuk minum, pinggiran botol minum yang tidak dibersihkan bisa menjadi ladang bakteri. Bagian dalam botol yang jarang dibersihkan juga akan ditumbuhi jamur, sehingga akan berdampak pada kehigienisan bahkan rasa dari minumanmu. Kamu bisa saja terkena diare karena kebiasaan buruk yang satu ini.

Tidak mengeringkan botol setelah dicuci
Terkadang, kesibukan membuatmu tergesa – gesa dan kamu tak punya waktu lagi untuk menunggu botol minummu mengering setelah membersihkannya. Botol minum yang masih basah, lansung diisi minuman begitu saja. Tahukah kamu kalau bakteri dan jamur tumbuh dengan subur dalam keadaan lembab? Bagian penutup botol merupakan tempat paling favorit untuk bakteri berkembang biak, saat botol minum dipakai dalam keadaan lembab atau basah.

Cara membersihkan botol yang salah
Yakin jamur dalam botol air minummu akan lansung hilang dengan hanya air dingin biasa? Cara terbaik dari para ahli untuk membersihkan botol minum, terutama bagian dalamnya adalah dengan menggunakan campuran air panas dengan baking soda atau cuka. Hal ini akan mengangkat jamur, serta menghilangkan bau dari botol minum. Setelahnya, barulah bersihkan kembali dengan sabun dan bilas hingga bersih. Jangan lupa gunakan sikat pembersih, untuk menjangkau bagian yang susah dibersihkan dengan tanganmu.

Mengeringkan botol minum tanpa melepaskan masing – masing bagiannya
Botol minum biasanya terdiri dari beberapa bagian, yang paling umum tentu saja bagian badan dan penutup botolnya. Setelah kamu mencuci bersih tiap bagiannya, botol minum jangan lansung dipasang, kemudian dikeringkan. Bukannya kering, sisa air pembersih pada bagian botol minum malah akan menumpuk. Biarkan masing – masing bagian botol kering terlebih dahulu, sebelum kamu memasangkannya kembali.

Tetap memakai botol minum yang berbau
Botol minum yang dibiarkan lama dalam keadaan terisi minuman yang berwarna atau memiliki bau yang menyengat, cenderung akan terkontaminasi dengan warna serta baunya tersebut. Jika kamu mengalami hal yang sama dan sudah berupaya untuk menghilangkannya namun tidak juga berhasil, kamu mungkin harus mencari pengganti botol minum tersebut.

Sebagaimana dikutip dari MSN, seorang ahli kesehatan menyebutkan bahwa perubahan warna, rasa hingga bentuk seperti retakan pada botol minum, hanya akan membuat meningkatnya jumlah bakteri di area tersebut.

Intinya, jangan lupa untuk membiasakan diri menjaga kebersihan botol minummu, baik itu terbuat dari plastik, aluminium ataupun kaca. Semoga artikel ini menambah wawasanmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *