Seputar Tentang Bunga Sedap Malam

Seputar Tentang Bunga Sedap Malam

Berita Terbaru Biasanya bunga Sedap malam menjadi salah satu bunga potong terfavorit untuk dekorasi ruangan. Sebab, bunga ini akan tetap hidup meski ditaruh di dalam vas berisi air. Selain berbentuk mempesona, salah satu alasan penggunaan bunga sedap malam sebagai penghias ruangan yaitu memiliki aroma khas.

Aroma wangi dari bunga sedap malam juga menjadi salah satu primadona untuk aroma parfum, lho.Benarkah? Berikut fakta yang harus kamu tahu :

Seputar Tentang Bunga Sedap Malam

Berasal dari Meksiko
Dikutip dari laman Britannica, bunga sedap malam memiliki nama ilmiah Polianthes tuberosa. Meski memiliki embel-embel rosa, bunga ini bukan termasuk keluarga mawar, lho. Bunga sedap malam masih satu famili dengan asparagus, yaitu Asparagaceae.

Bunga sedap malam termasuk salah satu subfamili dari Agavaceae. Seperti yang kamu tahu bahwa Agave merupakan tanaman asli Meksiko yang diambil umbinya untuk dijadikan minuman beralkohol. Sementara, bunga sedap malam yang juga tanaman asli Meksiko ini dimanfaatkan karena aromanya yang khas.

Populer di semua penjuru dunia
Meski berasal dari Meksiko, bunga sedap malam telah dibudidayakan secara luas di berbagai belahan bumi. Menurut laman Health Benefits Times, bunga tersebut telah dikenal luas sejak abad ke-16 dan menjadi salah satu tanaman paling dibudidayakan.

Berawal dari pembudidayaan yang dilakukan suku Aztec, kemudian dibawa bangsa Spanyol. Setelah itu, bunga disebarluaskan ke seluruh Eropa dan menjadi populer di kalangan perempuan Victoria. Sampai saat ini pun, kamu bisa dengan mudah menemukan bunga sedap malam.

Dijadikan aroma parfum dari abad ke-17
Salah satu pemanfaatan bunga sedap malam yaitu digunakan sebagai parfum. Dikutip dari laman Little Flower Hut, pada abad ke-17, bunga sedap malam banyak digunakan dan disuling untuk pembuatan parfum. Ratu Prancis, Marie Antoinette, pertama kali menggunakannya dengan nama Sillage de la Reine dan Parfum de Trianon.

Penggunaan bunga sedap malam sebagai aroma parfum pun terus berlanjut sampai saat ini. Ada parfum yang hanya menggunakan satu aroma yaitu aroma dari bunga sedap malam saja. Ada pula menjadikan aroma bunga tersebut sebagai campuran dengan aroma melati, iris, maupun bunga lainnya.

Berkhasiat untuk mengurangi insomnia
Diketahui jika selain manfaat utama bunga sedap malam yaitu sebagai parfum, bunga tersebut juga memiliki kegunaan lainnya, seperti memberikan efek tenang dan rileks. Buat kamu yang mengalami stres atau penat, menggunakannya sebagai aromaterapi menjadikanmu lebih rileks.

Selain aromanya, kamu bisa menggunakan campuran bunga sedap malam, bawang merah, jahe, dan bawang putih untuk mengatasi masalah insomnia.

Kamu juga bisa menggunakannya untuk mengurangi influenza dengan mencampurkan jahe, bunga sedap malam dan daun bawang. Tentu saja perlu kamu konsultasikan pada ahli kesehatan sebelum mempraktikkannya.

Lambang dari kebahagiaan dan cinta
Bunga biasanya memiliki makna tertentu dan menjadikannya sebagai simbol, tidak terkecuali bunga sedap malam. Bunga satu ini sering dijadikan sebagai simbol kesenangan karena aromanya yang menggoda.

Biasanya, orang-orang Victoria menjadikannya sebagai simbol kebahagiaan dan cinta. Kamu pun bisa menyematkannya pada karangan bunga atau buket, terutama untuk acara pernikahan.

Demikianlah seputar tentang bunga sedap malam. Nyatanya bunga ini banyak memiliki manfaat ya !

Semoga artikel ini menambah wawasanmu ya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *