Seputar Hal Mengerikan Tentang Megatsunami

Seputar Hal Mengerikan Tentang Megatsunami

Berita Terbaru Kejadian megatsunami memang sangat jarang dan umumnya terjadi ribuan tahun lalu. Meski begitu, tetap ada kemungkinan mega tsunami terjadi kembali di masa depan. Berikut ini ada beberapa hal mengerikan yang bisa kamu ketahui, dikutip dari berbagai sumber, antara lain :

Seputar Hal Mengerikan Tentang Megatsunami

Gelombangnya lebih tinggi dibandingkan tsunami ‘biasa’
Sebagaimana yang dikutip dari sms-tsunami-warning.com, mega tsunami memiliki gelombang yang jauh lebih tinggi daripada tsunami biasa. Dikutip dari sms-tsunami-warning.com dan surfertoday.com, amplitudo (ketinggian) awal megatsunami bisa mencapai ratusan bahkan ribuan meter. Gelombang megatsunami umumnya juga mampu melintasi beberapa wilayah atau negara.

Umumnya dipicu oleh longsoran besar, erupsi gunung berapi, atau jatuhnya asteroid
Situs worldatlas.com menyebutkan bahwa sebuah megatsunami terbentuk oleh perpindahan air yang terjadi secara tiba-tiba. Megatsunami umumnya disebabkan oleh longsoran raksasa, seperti runtuhnya sebuah pulau ke laut atau samudera oleh gempa atau aktivitas vulkanik.

Megatsunami juga bisa disebabkan oleh beberapa peristiwa alam, seperti erupsi gunung berapi atau jatuhnya asteroid berukuran besar ke dalam laut atau samudera. Berbagai peristiwa alam tersebut bisa dengan cepat memindahkan volume air laut dalam jumlah besar.

Menyebabkan kerusakan besar dalam skala luas
Dampak megatsunami umumnya lebih besar daripada tsunami ‘biasa’. Sebuah megatsunami bisa berimbas pada kehilangan korban jiwa dan kerugian harta benda yang besar dan dalam skala yang lebih luas dibandingkan tsunami ‘biasa’.

Sangat jarang terjadi

Megatsunami sangat jarang terjadi. Seorang manusia bahkan memiliki peluang lebih besar untuk mengalami kecelakaan mobil dibandingkan megatsunami. Meskipun begitu, kamu harus bisa memahami potensi risiko di sekelilingmu dan selalu waspada.

Sejauh ini, megatsunami terbesar di bumi pernah terjadi di Lituya Bay
Dikutip dari livescience.com, megatsunami terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah adalah tsunami di Lituya Bay, Alaska. Pada tahun 1958, sebuah gempa bumi menyebabkan terjadinya longsoran di Lituya Bay dan kemudian memicu terjadinya gelombang setinggi 523 meter. Megatsunami yang terjadi kala itu disaksikan oleh 6 orang, dan 2 di antaranya meninggal dunia.

Contoh megatsunami lainnya
Kemudian megatsunami lain yang pernah terjadi antara lain megatsunami Krakatau di Selat Sunda, Indonesia pada tanggal 27 Agustus 1883. Letusan gunung Krakatau kala itu memicu terjadinya tsunami setinggi sekitar 36 meter dan menewaskan setidaknya 36 ribu penduduk yang tinggal di pesisir Jawa dan Sumatra. Gelombang tsunami tersebut bahkan juga sampai ke pesisir Amerika Selatan dan Hawai.

Kemudian tanggal 18 Mei 1980, megatsunami lain terjadi di gunung St. Helens, Washington, Amerika Serikat. Ketika itu, gunung St. Helens meletus dan menyebabkan longsoran raksasa. Longsoran tersebut lalu menghantam danau Spirit yang berada di dekatnya dengan kekuatan sedemikian rupa dan menciptakan gelombang tsunami setinggi 250 meter.

Demikian seputar hal mengenai megatsunami yang perlu kamu tahu. Meski jarang terjadi, tapi gak ada salahnya untuk kamu ketahui biar bisa menambah wawasanmu tentang tsunami .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *