Macam-Macam Burung Hantu Yang Menarik Di Dunia

Macam-Macam Burung Hantu Yang Menarik Di Dunia

Berita Terbaru Siapa yang tidak kenal burung yang satu ini. Ya, burung hantu adalah salah satu jenis burung terunik di dunia.Tidak seperti burung lain, kedua mata burung hantu menghadap ke depan seperti manusia. Selain itu, mereka memiliki suara yang unik dan kemampuan hebat untuk terbang nyaris tanpa suara. Nyatanya di dunia ini ada beberapa spesies burung hantu yang unik misalnya delapan burung hantu berikut ini :

Macam-Macam Burung Hantu Yang Menarik Di Dunia

Burung hantu Blakiston
Burung hantu Blakiston adalah spesies burung hantu terbesar di dunia. Laman Animal Diversity menyebut bahwa panjang mereka bisa mencapai 70 cm dan bentang sayap 2 meter. Sementara, bobotnya mencapai 4 kg. Mereka hidup di kawasan beriklim dingin di Siberia, Tiongkok, Korea Utara, dan Jepang.

Burung hantu elf
Sementara, spesies burung hantu terkecil adalah burung hantu elf (Micrathene whitneyi), dengan panjang maksimal hanya 14 cm dan berat 55 gram. Karena ukurannya yang kecil, burung hantu ini lebih banyak makan serangga. Namun, mereka juga bisa suka makan hewan-hewan kecil, seperti kadal, ular, dan tikus.

Burung hantu elang utara
Burung hantu terkenal sebagai hewan nokturnal, tapi burung hantu elang utara (Surnia ulula) justru malah aktif di siang hari. Laman All About Birds bahkan menyebut burung ini berpenampilan seperti burung hantu tapi berkelakuan seperti elang.

Mereka juga bukan tipe burung hantu yang pemalu. Jadi mereka cukup mudah terlihat pada siang hari di habitatnya.

Burung hantu penggali
Tidak lazim bagi seekor burung untuk tinggal di dalam lubang di tanah, tapi itulah persisnya yang dilakukan burung hantu penggali (Athene cunicularia).

Mereka hidup di dalam lubang yang mereka gali sendiri atau lubang bekas anjing padang pasir atau tupai tanah. Mereka juga unik karena berburu di tanah, bukan sambil terbang seperti burung hantu pada umumnya.

Burung hantu salju
Burung hantu salju (Bubo scandiaca) sanggup hidup di tengah iklim ekstrem di kawasan Arktik, Kutub Utara. Mereka punya penglihatan dan pendengaran yang luar biasa sehingga bisa melihat atau mendengar mangsa yang tersembunyi di balik tumpukan salju sekalipun.

Mangsa favorit mereka adalah leming. Mereka dan bisa mengonsumsi hingga 1.600 ekor leming per tahun.

Burung hantu lumbung
Yang unik dari burung hantu yang satu ini yaitu penampilannya, terutama wajahnya yang berbentuk seperti hati dan berwarna putih bersih. Dikenal juga sebagai serak jawa, burung hantu lumbung (Tyto alba) adalah salah satu burung yang paling luas penyebarannya di dunia, mulai dari Eropa, Afrika , Timur Tengah, India, dan Asia Tenggara, termasuk Jawa.

Burung hantu elang eurasia
Burung hantu elang eurasia (Bubo bubo) memiliki menu makan yang sangat beragam. Laman Owl Pages menyebut bahwa makanan mereka mencakup mamalia, seperti tikus, kelinci, dan rubah. Dan juga mereka juga memangsa berbagai jenis burung, seperti gagak, burung laut, bahkan sesama burung hantu. Mereka juga makan ular, kadal, katak, ikan, dan kepiting.

Burung hantu kayu bertutul
Dikenal juga dengan nama kukuk seloputo, burung hantu kayu bertutul (Strix seloputo) memiliki penampilan yang unik. Wajah mereka oranye dengan mata besar yang berwarna hitam. Mereka berhabitat di Asia Tenggara, seperti Myanmar, Thailand, Kamboja, termasuk Indonesia tepatnya di Pulau Jawa dan sebagian Sumatra.

Demikianlah beberapa macam spesies burung hantu yang menarik dari seluruh penjuru dunia.
Kalau kamu suka yang mana ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *