Apakah Buah Mangga Berbahaya Untuk Pasien Diabetes ?

Apakah Buah Mangga Berbahaya Untuk Pasien Diabetes ?

Berita Terbaru Pasien diabetes mempunyai beberapa pantangan dalam mengonsumsi makanan, terutamanya yang kandungan gulanya tinggi. Tidak cuma dianjurkan untuk menghindarkan beberapa olahan makanan manis, tetapi beberapa buah-buahan tidak bisa disantap.Karena, walau sehatkan serta memiliki kandungan gula alami, beberapa salah satunya memiliki indeks glikemik tinggi. Dampaknya, tingkat gula darah dapat melompat naik.Salah sebuah yang sering jadi pembicaraan ialah mangga. Buah memiliki serat dengan rasa manis menyegarkan ini disebut tidak boleh dikonsumsi oleh pasien diabetes.

Apakah Buah Mangga Berbahaya Untuk Pasien Diabetes ?

Benarkah demikian?
Pada intinya, mangga memiliki kandungan beragam mineral dan vitamin esensial. Kandungan nutrisi ini benar-benar baik untuk kesehatan, terutamanya buat mereka yang ingin mengatur kandungan gula darah.Menurut data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat, setiap 165 gr mangga memiliki kandungan 99 kalori, 1,4 gr protein, 2,6 gr serat, vitamin C, tembaga, folat, vitamin A, vitamin E, sampai kalium.

Dikutip Healthline, lebih dari 90 % kalori pada mangga datang dari kandungan gulanya. Tetapi, buah ini kaya serat serta antioksidan yang lain. Kedua nutrisi itu bertindak dalam meminimalkan efek pada gula darah. Serat akan perlambat penyerapan gula oleh badan, sedangkan anti-oksidan akan mengurangi tanggapan tekanan yang disebabkan sebab kenaikan gula darah. Ini akan memudahkan badan kita mengatur asupan karbohidrat serta memantapkan kandungan gula darah. Bukan hanya itu, nyatanya buah mangga memiliki indeks glikemik sebesar 51. Sebenarnya, makanan yang memiliki kandungan indeks glikemik dibawah 55 masih digolongkan rendah.Dengan begitu, buah mangga terhitung makanan yang masih aman dikonsumsi oleh pasien diabetes.

Panduan mengonsumsi mangga untuk penderita diabetes

Walau aman, tetapi seharusnya mengonsumsi mangga masih dibatasi. Salah satunya langkah terbaik untuk meminimalkan dampak nya pada gula darah ialah tidak mengkonsumsinya dalam jumlahnya besar sekaligus juga.Setengah cup mangga, atau sama dengan 82,5 gr adalah jumlahnya aman mengonsumsi buat pasien diabetes. Disamping itu, tambahkan konsumsi protein waktu mengonsumsinya. Karena, protein dapat menahan lonjakan gula darah yang disebabkan oleh karbohidrat.

Ditambah lagi, mangga memang termasuk minim protein. Karenanya, waktu melahap mangga, padukan dengan mengonsumsi telur rebus, sepotong keju, atau segenggam kacang. Yuk, makan lebih sehat agar terlepas dari diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *