Ilmuwan-Ilmuwan Yang Sangat Terkenal Sepanjang Masa

Ilmuwan-Ilmuwan Yang Sangat Terkenal Sepanjang Masa

Berita Terbaru Kehebatan teknologi yang kita punya saat ini ialah hasil kerja keras ilmuwan di waktu dulu. Contohnya, tanpa ada pertimbangan cemerlang Isaac Newton, kita tidak tahu pengetahuan sekitar gravitasi, kalkulus dan teori sinar serta warna. Atau, tanpa ada penemuan karakter radioaktivitas, tidak ada mesin X-Ray yang berguna untuk bidang medis seperti sekarang.

Tentunya, kita butuh berterima kasih dengan layanan ilmuwan di waktu dulu. Siapapun ilmuwan yang terpopuler serta punya pengaruh selama hidup? Simak di sini!

Ilmuwan-Ilmuwan Yang Sangat Terkenal Sepanjang Masa

Nikola Tesla
Banyak alat elektronik di sekitarmu yang ditingkatkan atas inspirasi Nikola Tesla. Ilmuwan berdarah Serbia-Amerika ini meningkatkan kumparan Tesla, transformator tegangan tinggi dan tehnik untuk mentransmisikan daya dengan nirkabel, jelas situs Discover Magazine. Tesla temukan skema alternating current (AC).

Sistem ini digunakan sampai saat ini untuk menghasilkan listrik serta transportasi. Tetapi, skema AC dahulunya ditentang oleh Thomas Alva Edison sebab dipandang tidak aman serta beresiko. Edison sendiri ialah penemu sistem direct current (DC). Tesla juga menunjukkan jika penemuannya aman dengan mendemonstrasikan sendiri ke publik.

Charles Darwin
Kamu tentu saja mengenal Charles Darwin, pakar biologi asal Inggris. Dia ialah penemu teori evolusi serta penulis buku On the Origin of Species by Means of Alami Selection. Menurut Darwin, semua spesies organisme bertumbuh melalui seleksi alam yang meningkatkan kemampuan individu untuk bertahan hidup, bersaing serta bereproduksi.

Teorinya yang paling polemis ialah manusia datang dari primata. Dia mempelajari serta mencatat banyak spesies hewan yang berada di Kepulauan Galapagos di Ekuador, jelas situs Earth Watch. Walau banyak memetik pro-kontra, Charles Darwin ialah ilmuwan yang punya pengaruh serta berperan besar untuk warga dunia.

Marie Curie
Benar-benar jarang-jarang ada ilmuwan wanita di era ke-19. Beruntungnya, ada Marie Curie, yang temukan teori radioaktivitas. Dengan suaminya, Pierre Curie, mereka temukan komponen radium serta polonium, papar situs History. Marie Currie juga jadi wanita pertama yang memenangi dua Hadiah Nobel sekaligus juga.

Radioaktivitas ini benar-benar berjasa untuk pengetahuan kesehatan kekinian, contohnya untuk X-Ray, menganalisis beberapa penyakit serta dipakai untuk therapy kanker, tutur situs International Atomic Energy Agency. Susahnya, Marie Curie wafat pada 4 Juli 1934 sebab anemia.Disangka, karena paparan radiasi berlebihan selama hidupnya.

Galileo Galilei
Galileo Galilei seringkali dipanggil jadi “Bapak Fisika Kekinian”. Terdapat beberapa penemuan yang sudah dia cetuskan, seperti teleskop. Dia membuat teleskop pertamanya pada tahun 1609 yang dapat jadi besar objek sampai 20 kali, jelas situs The Galileo Proyek. Karena teleskop ciptaannya, dia dapat lihat antariksa lebih jelas.

Contohnya, memperhatikan bulan, supernova, temukan empat satelit planet Jupiter, temukan bintik matahari serta yang lain. Galileo bersikeras jika bumi serta planet lain mengorbit matahari (heliosentris). Sesaat, gereja katolik waktu itu yakin jika bumi ialah pusat alam semesta (geosentris). Mengakibatkan, Galileo juga terserang hukuman.

Isaac Newton
Menurut legenda, Isaac Newton temukan teori gravitasi sesudah satu apel jatuh dari pohon serta datang di atas kepalanya. Terlepas apakah legenda itu benar atau mungkin tidak, yang pasti Isaac Newton ialah ilmuwan yang benar-benar punya pengaruh serta berjasa. Tidak hanya temukan teori gravitasi, dia menemukan ide gaya sentrifugal serta sentripetal.

Newton menemukan hukum gerak (laws of motion) yang dicetuskan pada tahun 1687, jelas situs How Stuff Works. Teori kalkulus dia buat, yang bermanfaat untuk teknik konstruksi bangunan, tentukan dosis obat sampai mengeluarkan roket. Di sisi lain, Isaac Newton membuat teori cahaya serta warna. What a genius person!

Ada Lovelace
Satu penemu wanita yang pintar serta berpengaruh, yaitu Ada Lovelace. Walaupun namanya asing, dia ialah wanita pertama sebagai programmer computer, papar situs Discover Magazine. Dia banyak dikuasai oleh Charles Babbage, seorang penemu serta insinyur. Mereka berdua juga bekerja bersama dalam banyak proyek.

Ada Lovelace membuat Analytical Engine, mesin yang dapat lakukan sebagian besar pekerjaan matematika. Mesin ini dipandang seperti program computer pertama. Sayangnya, Ada Lovelace wafat di umur yang benar-benar muda, yaitu 36 tahun. Jika usianya bertahan lebih lama, kemungkinan ada makin banyak penemuan yang dia buat.

Albert Einstein
Tidak mungkin jika kamu tidak kenal Albert Einstein. Dia populer karena rumus E = mc2, kesamaan dalam teori fisika relativitas. Mirisnya, kesamaan ini malah disalahgunakan serta melahirkan penemuan yang destruktif seperti bom atom. Dia menerima Hadiah Nobel untuk penemuan dampak fotolistrik, jelas situs Discovery Magazine.

Disamping itu, Einstein mencetuskan teori mengenai sinar. Teori ini mengatakan jika sinar terbagi dalam paket daya yang benar-benar kecil serta diketahui dengan nama foton.

Einstein meningkatkan teori kuantum serta memberikan dampak besar sampai sekarang. FYI, Einstein mempunyai jiwa seni serta bisa bermain biola, bukti jika kedua otaknya seimbang.

Nah, itu 7 ilmuwan yang terpopuler serta berpengaruh sepanjang masa. Siapa ilmuwan sebagai idolamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *