Bagaimana Cara Makan Sushi Yang Benar Menurut Tradisi Jepang?

Bagaimana Cara Makan Sushi Yang Benar Menurut Tradisi Jepang?

Berita Terbaru Siapa yang menyukai makan sushi dengan mencocolnya ke shoyu? Atau, jangan-jangan kamu salah satunya yang menyukai makan sushi sampai merendamnya dalam shoyu? Ih, kan asin!

Untuk kamu yang menyukai asin, mungkin sah-sah saja mencocol atau sampai merendam sushi ke shoyu. Tetapi tahukah kamu, sebetulnya itu langkah yang kurang pas dalam nikmati sushi. Diterangkan Morita Atsushi, juru masak asal Jepang untuk ASEAN waktu lalu menjelaskan, sebenarnya shoyu dipakai untuk hilangkan rasa amis pada topping ikan sushi.

“Yang benar itu, kan sushi sisi bawahnya nasi lantas di atas potongan ikan mentah, nah yang diberi shoyu itu daging atau ikan di atasnya itu. Ini agar rasa enek atau amis dari ikannya dapat diminimalkan dengan gurih dan asinnya shoyu,” katanya.

Bagaimana Cara Makan Sushi Yang Benar Menurut Tradisi Jepang?

Langkah berikut yang dengan tradisionil orang jepang mengerjakannya saat makan sushi. Dengan menyiram shoyu sedikit demi sedikit ke atas sushi cita rasa-rasanya semakin lebih enak, lho. Bukan hanya itu, jika kamu mencocol sushi ke shoyu, nasinya akan amburadul hingga kamu justru kesulitan saat menyantapnya.

Tidak hanya jangan mencocol sushi ke shoyu, mencuplik Insider, masih ada banyak rutinitas makan sushi yang kadang kurang pas. Contohnya di Jepang, sushi di nikmati memakai tangan, serta jarang-jarang yang mengkonsumsinya dengan pertolongan sumpit. Tidak hanya praktis, ini adalah satu bentuk penghormatan pada sang juru masak yang telah menyajikan sushi nikmatnya untuk kita.

Bukan hanya itu, orang Jepang pun tidak biasa mencampurkan wasabi ke shoyu. Umumnya, sesudah menuang sedikit shoyu ke atas sushi, baru mereka meletakkan wasabinya.Begitu halnya acar jahe tidak dikonsumsi bertepatan dengan sushi. Soalnya, acara jahe disajikan untuk membersihkan langit-langit mulut dari tersisa rasa ikan yang kadang amis.

Demikianlah langkah makan sushi yang pas ala warga Jepang. Langkah ini banyak juga dipakai saat nikmati sushi tipe nigiri. Sebab, hidangan nigirilah sebagai sajian sushi asli Jepang; simpel tetapi menarik lidah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *