Manfaat Cahaya Matahari Pagi Untuk Bayi

Manfaat Cahaya Matahari Pagi Untuk Bayi

Berita Terbaru Menjemur bayi baru lahir pada pagi hari, nyatanya punya sederet manfaat. Ini sebab cahaya matahari membantu tubuh menghasilkan vitamin D.


Menurut dr. I G A N Partiwi, SpA, MARS pada websitenya di Klinik dr Tiwi, vitamin D bisa memperhatikan kesehatan dan memberi dukungan perkembangan bayi. Karena, badan memerlukan vitamin D untuk menyerap kalsium dalam pembentukan tulang serta gigi. Vitamin D bertindak dalam skema kebal badan, hingga kita terlepas dari beberapa penyakit. Nah, bayi yang mendapatkan paparan cahaya matahari, karena itu kandungan vitamin D dirinya akan tinggi.


Tidak hanya itu, dr Tiwi menerangkan jika cahaya matahari pagi memberikan beberapa manfaat di bawah ini buat bayi:

Manfaat Cahaya Matahari Pagi Untuk Bayi

Bayi lebih bahagia
Cahaya matahari ikut merubah produksi serotonin atau disebutkan hormon bahagia pada tubuh. Karena itu, bayi dengan serotonin yang cukup jadi si kecil yang tenang serta konstan emosinya.

Kandungan insulin yang tinggi
Bayi baru lahir yang mendapatkan paparan cahaya matahari cukup pada umur awal, diketahui terlindung dari efek diabetes sampai tahapan tertentu.

Kesehatan sistem syaraf
Terpenuhinya keperluan vitamin D bertindak dalam membuat sistem saraf yang sehat. Serta cahaya matahari, adalah sumber vitamin D yang gampang didapatkan kita yang tinggal di Indonesia.

Membantu proses pembekuan darah
Paparan cahaya matahari langsung yang menghasilkan vitamin D, dapat menjaga tekanan dan pastikan pembekuan darah buat tubuh. Utamanya proses pembekuan darah pada bayi, yaitu untuk mencegah efek perdarahan yang serius.

Mengatasi kulit kuning
Pemicu utama kulit bayi baru lahir menguning ialah penambahan kandungan bilirubin yang tidak terkendali, dan terdapatnya masalah fungsi hati. Nah, paparan cahaya matahari pagi dapat menanganinya dengan efisien. Karena, spektrum sinar biru pada cahaya matahari dapat menurunkan kandungan bilirubin serta mencegah komplikasi selanjutnya.

Lebih berenergi
Paparan cahaya matahari membantu tubuh dalam produksi melatonin. Mengenai kandungan melatonin pada badan bayi, bertindak dalam membuat pola tidurnya, Moms. Jika jumlahnya melatonin banyak, condong sebabkan tubuhnya lemas. Sebaliknya, paparan cahaya matahari waktu pagi akan turunkan kandungan melatonin, hingga si kecil semakin lebih berenergi saat pagi hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *