Dampak Positif Dari Mengabaikan Bayi Menangis

Dampak Positif Dari Mengabaikan Bayi Menangis

Berita Terbaru Umumnya dari kita jadi orangtua, ingin segera hentikan bayi yang tengah menangis. Walau sebenarnya, tangisan tidak selama-lamanya berarti buruk, karena nyatanya punya manfaat tertentu buat si kecil. Menangis adalah bahasa pertama yang dipunyai bayi. Dengan menangis, sebenarnrya dia mengekspresikan yang mereka kehendaki atau rasakan. Diluar itu, air mata yang dikeluarkan waktu menangis memiliki kandungan hormon depresi kortisol serta berguna untuk menurunkan tekanan darah.


Dikutip Parents, Deborah MacNamara, Ph.D, seseorang konselor parenting menjelaskan, menangis bukan tunjukkan emosi rasa sakit, tetapi malah sebaliknya supaya dia tidak terluka. Lalu, kenapa menangis benar-benar baik untuk bayi? Dilansir dari Parenting Firstcry, berikut manfaat menangis untuk bayi kita:

Dampak Positif Dari Mengabaikan Bayi Menangis

Membuat paru-paru lebih sehat
Tangisan pertama bayi nyatanya mempunyai manfaat, lho. Diantaranya ialah dapat buka paru-parunya untuk hirup serta membantunya bernafas pertama kali. Namun harus diingat ya, Moms, paru-paru tidak tumbuh lebih besar setiap saat bayi menangis.

Komunikasi dengan ibu
Setelah tangisan pertamanya, bayi condong akan menangis sekitar 3 jam setiap harinya, sepanjang beberapa waktu pertama kehidupannya. Ini ialah hanya satu langkah dia berkomunikasi dengan Anda. Seiring berjalannya waktu, kita juga dapat membedakan jenis tangisan bayi. Bayi umumnya menangis sebab dia inginkan makanan, kenyamanan seperti ingin ditukar popoknya, ingin kehangatan, atau tunjukkan adanya rasa sakit yang dia alami.

Kesejahteraan psikologis
Saat seorang bayi yang menangis ditenangkan serta dipeluk ibunya, dia mengirim signal keselamatan serta keamanan. Walau demikian, Anda dapat menenangkannya kelak, karena bayi masih perlu menangis untuk memperoleh perhatian Anda.

Peregangan otot
Saat bayi menangis, otot lengan, punggung, serta muka kerja untuk keluarkan air mata. Ini tunjukkan jika si kecil sedang meregangkan otot-otot di wajahnya. Tetapi, Moms, jangan dibiarkan dia meratap terlalu lama ya, kembali untuk dia merasakan nyaman setiap saat.

Menghilangkan stres
Menangis menolong kurangi beban emosional pada bayi. Bila si kecil menangis, kemungkian dia inginkan perhatian Anda. Jadi saat bayi menangis, bawalah bicara hingga dia pahami jika Anda sedang mengajaknya berkomunikasi. Walau biarkan bayi menangis banyak manfaatnya, tetapi pastikan Anda ketahui waktu harus hentikan tangisannya. Sebab New Kids Center merilis, jika anak dibiarkan menangis, karena itu itu dapat mengubah otaknya. Diluar itu, dapat berujung pada pergantian emosional serta masalah kesehatan mental di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *