Apa Fungsi Topi Bagi Bayi Baru Lahir?

Apa Fungsi Topi Bagi Bayi Baru Lahir?

Berita Terbaru Tidak hanya baju serta popok, topi bayi mungkin jadi barang yang telah Anda sediakan semenjak dia belum lahir. Mungkin saja, Anda telah sediakan yang kembaran dengan Anda serta pasangan. Gemas!

Boleh-boleh saja, diluar itu topi buat bayi juga miliki manfaat tertentu. Untuk jaga suhu tubuhnya masih konstan. Ini sebab bayi baru lahir belum dapat jaga suhu tubuhnya secara baik seperti orang dewasa. Karena itu, bayi rawan alami hipotermia.

Menurut Dr. Charles Shubin sebagai direktur pediatri di Mercy FamilyCare, satu divisi dari Pusat Kesehatan Keluarga Baltimore, AS, kepala dengan seimbang semakin besar dibanding dengan tubuhnya (bayi). Ini juga bisa membuat panas tubuhnya hilang melalui kulit kepala. Dengan memakai topi, mengawasinya masih hangat seperti saat ada di rahim ibu.

“Bila Anda merasakan kedinginan, kemungkinan bayi Anda pun kedinginan,” sebut Dr. Eboni Hollier seperti diambil dari Romper.

Salah satunya langkah gampang tahu bayi Anda kedinginan ialah memeriksa tangan atau sisi tangannya serta berasa dingin. Tetapi, terkadang sering tidak kelihatan dengan pertanda itu, tetapi bisa saja mereka menunjukkan dengan perilakunya yang kelihatan rewel tanpa ada fakta yang pasti.

Apa Fungsi Topi Bagi Bayi Baru Lahir?

Jangan pernah Anda mengabaikan si kecil saat tengah kedinginan. Bayi yang alami kedinginan kronis menyebabkan timbulnya neonatal cold syndrome. Pada keadaan ini, umumnya bayi kelihatan lesu, lemas, nafsu minum ASI atau susu formula menyusut. Ini bisa menyebabkan fatal bila Anda tidak secepatnya mengatasinya.

Bayi yang alami insiden ini semestinya dibawa ke rumah sakit paling dekat. Anda perlu tetap jaga kehangatan tubuhnya pada saat perjalanan ke dokter. Contohnya melakukan skin to skin kontak dan terus memberi ASI.

Pilih topi memiliki bahan lembut, halus, dan terdapatnya perputaran udara. Bayi tidak butuh gunakan topi dalam jangka waktu yang lama serta tiap hari. Jika suhu di sekitarannya telah hangat, Anda tak perlu memakaikan topi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *