Jauhi Makanan Dan Minuman Ini Saat Radang Tenggorokan

Jauhi Makanan Dan Minuman Ini Saat Radang Tenggorokan

Berita Terbaru Saat musim hujan datang, beberapa penyakit musiman sering menempa. Salah satunya penyakit yang seringkali muncul adalah gejala flu; yang mencakup radang tenggorokan serta batuk. Walau terlihat sepele, tetapi rasa sakit di tenggorokan dapat benar-benar mengganggu. Ditambah lagi, jika sampai membuat kita susah mengeluarkan suara serta menelan makanan. Nah, agar radang tenggorokan tidak berkepanjangan, sebaiknya untuk meningkatkan konsumsi nutrisi serta vitamin. Jauhi beberapa macam minuman dan makanan yang dapat memperburuk keadaan itu. Berikut sudah kumparan rangkum beberapa minuman dan makanan yang dapat memperparah radang tenggorokan, di antaranya:

Jauhi Makanan Dan Minuman Ini Saat Radang Tenggorokan

Makanan berlemak
Hindari konsumsi makanan yang tinggi lemak; seperti daging merah, produk olahan susu, bermacam kue, serta makanan yang digoreng. Makanan berlemak susah untuk diolah badan, serta dapat turunkan skema imun. Mengakibatkan, tanda-tanda flu seperti radang tenggorokan akan makin kronis. Makanan yang digoreng dengan tehnik deep-fry condong kering serta kasar, hingga dapat semakin melukai tenggorokan. Bukannya konsumsi makanan yang penuh lemak, seharusnya pilihlah jenis makanan yang lembut serta empuk; contohnya sup.

Buah sitrus serta makanan yang asam
Saat ketahanan badan menurun, kita memang dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi vitamin C. Tetapi, bukan bermakna lalu konsumsi makanan yang asam asam, ya. Dikutip Livestrong, makanan asam –termasuk jeruk, tomat, grapefruit, jeruk nipis, serta lemon– dapat mengiritasi tenggorokan serta memperparah radang. Pilih tipe buah yang dapat menentramkan tenggorokan; seperti pisang, melon, kiwi, serta persik. Jika ingin penambahan vitamin C, juga bisa dengan melahap kale atau paprika. Kandungan vitamin C dalam ke-2 sayuran itu serta lebih tinggi dibandingkan dengan buah sitrus, lho!

Makanan pedas
Kandungan cabai, merica, pala, cengkih, serta rempah lain yang membuat ‘panas,’ bisa membuat radang tenggorokan makin lebih buruk. Jika hanya ingin memberi sensasi pedas pada makanan, kamu dapat mengubahnya dengan jahe. Bumbu dapur yang satu ini kaya elemen anti-inflamasi, yang dapat menolong menurunkan tanda-tanda flu yang kamu alami, terhitung radang tenggorokan.

Makanan bertekstur kasar
Beberapa makanan yang bertekstur kasar seperti sayuran mentah, granola, serta roti panggang dapat menggores tenggorokan. Mengakibatkan, radang tenggorokan jadi tidak sembuh-sembuh. Pilihlah makanan yang gampang untuk ditelan; seperti yoghurt, telur, mashed potato, keju, sup krim, sampai smoothies. Kamu dapat juga membuat tekstur makanan bertambah lembek dengan mencampurkannya bersama dengan kuah atau saus. Cara mengkukus serta rebus sayuran akan membuat lebih empuk, hingga gampang untuk ditelan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *