Fakta Unik Tentang Ular Yang Jarang Diketahui

Fakta Unik Tentang Ular Yang Jarang Diketahui

Berita Terbaru Apa yang kamu ketahui soal tingkah laku ular? Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa ular adalah hewan menyeramkan yang suka bersembunyi di celah-celah batuan, mengendap-endap berburu hewan lain, serta bisa menggigit bila diganggu.

Tapi ada begitu banyak jenis ular di dunia ini, maka tentu tingkah laku mereka pun sangat beragam. Contohnya adalah ular-ular berikut ini, yang punya kelakuan gak lazim dan mungkin bakal membuatmu kagum sekaligus heran. Berikut ulasannya yang drangkum Hostcormedia dari berbagai sumber :

Fakta Unik Tentang Ular Yang Jarang Diketahui

Pura-pura mati
Berpura-pura mati biasanya adalah kebiasaan yang dimiliki oleh hewan yang menjadi mangsa dari hewan predator. Ular memang termasuk hewan predator, tapi jangan lupa bahwa mereka juga terkadang berada di posisi mangsa. Maka gak heran kalau ternyata ada ular yang suka berpura-pura mati.

Adalah ular hognose alias ular hidung babi yang punya kebiasaan itu. Hognose adalah sebutan umum untuk ular dari genus Heterodon, Leioheterodon, dan Lystrophis. Laman Discovery Magazine menyebut bahwa saat terancam, ular hognose akan berdiri layaknya kobra dan mengeluarkan suara desis untuk mengintimidasi si pengganggu.

Namun jika pertunjukkan itu tidak berhasil, ular hognose akan menggunakan taktik cadangan: berpura-pura mati. Mereka agaknya cocok disebut dramaqueen karena akting matinya yang meyakinkan, termasuk sampai berbaring terbalik dan mengeluarkan lidah. Kamu bisa melihat aksi teatrikalnya itu dalam video di atas.

Melayang
Ular sudah cukup menyeramkan meski hanya bisa merayap, apalagi kalau bisa terbang! Tentu gak ada ular yang bisa terbang karena mereka gak punya sayap. Tapi ada satu yang mendekati, yaitu ular yang bisa melayang.

Ular-ular yang punya kemampuan melayang tergabung dalam genus Chrysopelea. Sebutan umum mereka adalah ular terbang, tapi sekali lagi mereka hanya bisa melayang. Mereka berhabitat di hutan hutan-hutan Asia Tenggara termasuk Indonesia, dan mereka hidup di atas pohon.

Ular terbang bisa melompat dan melayang dari satu pohon ke pohon lain. Selagi melayang di udara mereka pun bisa berbelok dengan cara meliuk-liukkan tubuhnya. National Geographic menyebut bahwa mereka bisa melayang hingga 100 meter jauhnya, dan teknik melayang mereka bahkan bisa dibilang lebih hebat daripada tupai terbang!

Bereproduksi sendiri
Banyak hewan yang memiliki kemampuan untuk bereproduksi sendiri, yang artinya betinanya tidak butuh pejantan untuk bisa menghasilkan keturunan. Reproduksi semacam itu umum dimiliki hewan invertebrata, tapi cukup jarang terjadi di hewan vertebrata. Salah satu hewan vertebrata yang punya kemampuan itu adalah ular.

Pada ular, reproduksi sendiri biasanya terjadi di penangkaran, dimana betina dipelihara tanpa kehadiran pejantan. Tapi laman Live Science melaporkan bahwa ular copperhead (Agkistrodon contortrix) juga kerap melakukan reproduksi sendiri di alam liar. Beberapa bahkan tetap melakukannya meski sebenarnya bisa menemukan pasangan. Unik juga ya!

Memancing mangsa
Ular biasanya selalu dikenal sebagai hewan yang berburu mangsanya. Mereka bukan tipe predator yang berburu dengan cara memancing mangsanya menghampiri. Tapi ternyata ada pula ular yang melakukan hal itu, dan dengan cara yang cukup unik pula.

Ular ekor laba-laba (Pseudocerastes urarachnoides) mendapat namanya karena ekornya yang berumbai menyerupai laba-laba. Ular ini menggerak-gerakkan ekornya tersebut untuk memancing mangsanya, yaitu burung yang mengira ekornya sebagai laba-laba. Warna dan corak tubuh mereka yang menyerupai bebatuan juga membuat penyamarannya sempurna selagi menunggu mangsa.

Pilih-pilih makanan
Aneh rasanya mendengar ular bisa pilih-pilih makanan, karena ular biasanya dikenal akan makan hewan apapun mulai dari kodok, burung, mamalia, bahkan sesama ular. Tapi ular ratu (Regina septemvittata) rupanya punya selera makan yang eksklusif.

Ular ratu terkadang makan kodok, salamander, siput, dan udang. Tapi itu bisa dibilang hanya cemilan bagi mereka, karena lebih dari 93 persen makanan ular ini adalah lobster air tawar. Dan bukan sembarang lobster air tawar, tapi lobster air tawar yang baru berganti kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *