Tips Sehat Untuk Menyajikan Jus Buah Untuk Si Kecil

Tips Sehat Untuk Menyajikan Jus Buah Untuk Si Kecil

Berita Terbaru Tidak hanya air putih, Anda pun butuh mengenalkan bermacam minuman sehat yang lain pada anak. Diantaranya ada juice buah.Walau menyehatkan, segar serta lezat, pastikan Anda cuma memberikan jus buah saat anak berumur di atas 1 tahun. Kenapa? American Academy of Pediatrics (AAP) cemas jika orangtua menjadikan jus buah sebagai makanan bayi serta menggantikan ASI.


Penelitian dari Mark DeBoer sebagai profesor endokrinologi pediatrik di Fakultas Kedokteran Kampus Virginia, AS ungkap, anak umur 2 tahun yang teratur mengonsumsi jus buah beresiko kelebihan berat tubuh pada umur 4 tahun, khususnya jika yang diberi ialah juice buah pabrikan atau kemasan. Lalu bagaimana triknya supaya anak masih aman konsumsi jus buah?

Menurut Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc, sebagai profesor gizi medik, jus buah untuk anak semestinya tidak diberi penambahan pemanis. Biarlah anak konsumsi makanan atau minuman dengan rasa aslinya.


“Kalau ditambah lagi gula, kelak bayi terlatih dengan makanan (rasa) itu. Hingga jika tidak ditambah lagi ia akan merasakan cemplang walau sebenarnya (walau tidak ditambah lagi gula) sudah enak sekali,” kata dr Saptawati.

Tips Sehat Untuk Menyajikan Jus Buah Untuk Si Kecil


Selain tidak menambahkan gula, Dr Saptawati menjelaskan lebih baik buah diproses jadi puree serta dihancurkan dengan manual memakai sendok atau garpu.


“Jadi sebaiknya dihancurin manual saja. Zaman dahulu kita beri sedikit air panas setelah itu di-press hingga jadi jus tetapi tidak memakai jus,” imbuhnya.


Pakar diet sekaligus juga pendiri Eat Right Nutrition Consultancy, Derrick Ong, ungkap, sebetulnya nutrisi bernilai dari buah akan hilang waktu proses pembuatan jus dengan diblender.


Jadi pelengkap supaya juice buah anak semakin aman, lewat situs Kids Health, Madhu Desiraju, MD pediatrik di Orlando, Florida merekomendasikan: berikan jus dari 100 % buah alami serta semestinya jangan memberi jus paket atau juice bubuk.


AAP mereferensikan, buat umur 1-3 tahun bisa konsumsi juice buah sekitar 119 ml/hari. Sesaat buat anak umur 4-6 tahun, tidak kurang dari 170 ml. Ingat, jangan pernah berlebihan atau ditambah gula untuk menghindarkan efek kegemukan sampai obesitas.


Selanjutnya waktu penyajiannya lebih baik simpan jus di cangkir ketimbang botol, lalu berikan hanya pada saat makan. Oh iya, jangan buat jadi juice buah sebagai alternatif air putih, susu atau ASI ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *