Seputar Warna-Warna Paspor Di Dunia

Seputar Warna-Warna Paspor Di Dunia

Berita Terbaru Paspor ialah dokumen penting yang harus dibawa traveler kemanapun pergi. Seperti sebuah kunci, paspor yang kamu bawa serta nanti akan dipakai waktu akan masuk ke negara tujuan.Dari banyaknya negara di dunia, kamu pasti menemui paspor dengan warna yang berbeda-beda. Tetapi, tahukah kamu jika semua paspor cuma dibuat dengan empat warna saja yakni biru, merah, hijau, serta hitam.

Lalu, mengapa ya cuma ada empat warna, mengapa tidak memakai warna lain seperti kuning, oranye, putih, atau serta pink? Kamu mungkin beranggapan jika empat warna itu diambil sebab sesuai peraturan internasional yang sudah ditetapkan. Tetapi, sebenarnya tidak seperti itu, lho. Menurut Hrant Boghossian, Vice President of Marketing Arton Capital yang mengurus database Passport Index, cuma ada empat warna fundamen paspor di dunia.

“Pada umumnya, paspor di seluruh dunia cuma memakai empat warna dasar. Mereka merah, biru, hijau serta hitam,” kata Boghossian.

Boghossian mengutarakan ada banyak fakta yang melatarbelakangi penentuan warna paspor itu, dari mulai kebudayaan, geografi, sampai politik setiap negara yang berlainan. Tetapi, keempat warna ini diambil sebab dipandang mewakili identitas negara itu.

“Ada banyak cerita yang sangat mungkin kenapa beberapa negara memilih warna tertentu,” tambah Boghossian.

Seputar Warna-Warna Paspor Di Dunia


Tiap negara bebas pilih warna yang akan dipakai untuk paspor negaranya. Serta, ada banyak negara yang mengubah warna paspornya di masa datang. Salah satu contohnya ialah sampul paspor AS contohnya berubah dari merah, hijau, dan dari tahun 1976 sampai sekarang berwarna biru. Tidak ada ketentuan sah yang mengendalikan mengenai penentuan warna paspor. Namun, menurut International Civil Association Organization (ICAO), ada peraturan yang mengendalikan mengenai jenis huruf, ukuran serta font untuk paspor yang bisa dibaca di machine readable travel documents atau MRTD yang ada di pintu-pintu imigrasi setiap negara.

Tidak itu saja, tiap paspor harus dibuat berbahan yang tidak gampang kusut atau tertekuk. Serta, tiap paspor harus juga dapat tahan pada mesin dengan suhu dari mulai -10 sampai 50 derajat Celsius dengan kelembapan udara relatif dari mulai 5 sampai 95 %.Menurut Chief Communications Officer ICAO, Anthony Philbin, walau paspor cuma mempunyai empat warna fundamen, terdapat beberapa macam warna pada setiap negara.

“Tidak ada yang memastikan warna sampulnya, tiap negara dapat pilih warna apa yang berada di buku Pantone,” papar Philbin.

Lalu, negara mana saja sih yang memakai empat warna dasar tadi di paspornya?

Paspor dengan sampul warna merah seringkali diambil oleh beberapa negara dengan skema komunis. Salah satunya Slovenia, Cina, Serbia, Rusia, Latvia, serta Rumania.Sejumlah besar beberapa negara yang sebagian besar penduduknya beragama Muslim, seperti Maroko, Arab Saudi serta Indonesia mempunyai paspor berwarna hijau. Hijau dianggap sebagai warna favorit Nabi Muhammad, serta merupakan simbol alam dan kehidupan.Beberapa negara di Afrika Barat pilih warna hijau untuk paspor seperti, Burkina Faso, Nigeria, Pantai Gading, serta Senegal.

Terakhir, warna hitam menjadi salah satunya warna langka yang berada di dunia. Sebab paspor ini cuma dipakai oleh beberapa negara di Afrika, Botswana, Zambia, Burundi, Gabon, Angola, Chad, Kongo, serta Malawi serta negara di Timur Tengah diantaranya ialah Irak. Selandia Baru memakai paspor berwarna hitam. Hitam diambil sebab dipandang mempunyai arti tertentu buat negara itu. Paspor negara mana sebagai favoritmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *