Mengapa Bayi Baru Lahir Dilarang Minum Air Putih ?

Mengapa Bayi Baru Lahir Dilarang Minum Air Putih ?

Berita Terbaru Badan kesehatan dunia WHO serta beberapa pakar kesehatan setuju, jika ASI adalah makanan penting serta terbaik untuk bayi baru lahir sampai usianya 6 bulan ke depan. Karena, ASI memiliki kandungan nutrisi lengkap yang dibutuhkan supaya tumbuh kembangnya berjalan optimal.

Ini berarti, konsumsi lain tidak bisa diberi. Juga berlaku untuk air putih yang diketahui jadi minuman sehat buat beberapa anak serta orang dewasa. Situs WHO menyebutkan, pemberian air putih bisa beresiko si kecil akan alami diare serta malnutrisi, Moms. Mengapa? Sebab keadaan air putih yang belum pasti terjamin kebersihannya, hingga sangat mungkin pencernaan bayi terinfeksi.

Lalu situs What to Expect memberikan tambahan, pemberian air putih dapat membuat buah hati cepat merasakan kenyang serta kembung, akhirnya bayi malas untuk minum ASI . Walau sebenarnya seperti yang sudah disebut sebelumnya, ASI miliki nutrisi komplet serta diperlukan si kecil. Jika terus menampik ASI, karena itu efek malnutrisi juga tidak terhindar.

Mengapa Bayi Baru Lahir Dilarang Minum Air Putih ?


Dikutip dari Ruters, Dr. Jennifer Anders sebagai dokter di Johns Hopkins Children’s Center di Baltimore, AS menjelaskan, air putih dapat membuat badan si kecil kehilangan natrium. Efeknya, bisa mengganggu kegiatan otak bayi. Risiko-risiko di atas tidak cuma mengintai bayi, Anda juga akan dirugikan. Masalahnya jika bayi kurang minum ASI maka produksi ASI Anda akan alami penurunan.

Lalu, kapan bayi bisa diberi air putih?
Dokter di Johns Hopkins Children’s Center di Baltimore menjelaskan bayi tidak bisa diberi air putih sampai usianya 6 bulan, atau saat si kecil telah dikasih makanan pendamping ASI (MPASI).Dalam keadaan apa pun aturan ini masih berlaku, contohnya saat musim panas serta dehidrasi sekalipun. ASI cukup sudah membuat bayi kenyang serta mengatasi dehidrasi.

“Saat bayi haus serta ingin minum cairan yang dibutuhkan cuma ASI,” tandas dr Andres.


Walau demikian, tidak disangkal dalam beberapa masalah, pemakaian air putih dibutuhkan, contohnya untuk menolong mengatasi sembelit. Tetapi, Anda juga harus tetap konsultasi dengan dokter untuk mengetahui dosis serta langkah pemberian yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *