Waspada, Inilah Keahlian Ular Pohon di Australia

Waspada, Inilah Keahlian Ular Pohon di Australia

Berita Terbaru Bukan rahasia jika Australia sudah menjadi surga buat banyak spesies hewan serta tumbuhan aneh yang tidak diketemukan di lain tempat di dunia. Mereka bersembunyi di alam liar, tidak kelihatan oleh manusia, serta kadang mematikan.

Sekarang, beberapa periset dari Virginia Tech sudah temukan rutinitas aneh dari spesies ular yang paling umum disana. Dia merupakan ular pohon Australia dari genus Dendrelaphis yang nyatanya punyai potensi meloncat yang mengagumkan.


Pada intinya, ular pohon di seluruh dunia diketahui dapat terbang, melakukan loncatan, melaju, serta mengangkat dirinya dari puncak pohon ke pohon lain. Untuk jenis hewan yang tidak mempunyai anggota badan, ular pohon terhitung hewan yang benar-benar lincah.

Waspada, Inilah Keahlian Ular Pohon di Australia

Selama ini, ada lima spesies ular “terbang” dalam genus Chrysopelea yang hidup di Asia Tenggara, seperti China, India, serta Sri Lanka. Walau, secara teknis, mereka sebetulnya tidak benar-benar terbang, tetapi meluncur seperti seekor tupai.


Pada 2010, Dr Jake Socha, satu orang profesor di Departemen Tehnik Biomedis serta Mekanik di Virginia Tech, coba memfilmkan ular Dendrelaphis pictus, atau sering disebutkan ular bronzeback, yang diketahui dapat melonjak di alam liar.


Spesies ular Dendrelaphis ini masih terkait erat dengan Chrysopelea. Jadi, tingkah laku melonjak yang diperlihatkan Dendrelaphis mungkin tidak mengejutkan, walaupun waktu itu belumlah ada riset yang tentu ihwal tingkah laku itu.


Untuk menunjukkan ini, Michelle Graham, calon PhD di Virginia Tech, lakukan rangkaian riset dengan pelajari proses ular terbang di Laboratorium Socha. Hasilnya, ia temukan jika ular Dendrelaphis memang dapat melonjak, lemparkan dianya dari satu titik ke titik lain.

Waktu mereka melonjak, dia akan menekuk kepalanya serta mengeluarkan tubuhnya ke atas untuk meraih sela selanjutnya. “Yang menarik dari ular-ular ini ialah potensi mereka dalam lakukan semua rutinitas ini tanpa ada anggota badan,” tutur Graham, pada National Geographic.


Tetapi, belum didapati dengan tentu mengapa mereka lakukan tingkah laku melonjak itu. “Menjadi orang pertama yang mempelajari tingkah laku ini, bermakna kamu tidak paham alasan mengapa ular ini melakukannya. Apa itu berkaitan tingkah laku melarikan diri? Apa perilaku bergerak biasa? Tidak ada yang mengetahui,” kata Graham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *