Ciri-Ciri Anak Begitu Manja

Ciri-Ciri Anak Begitu Manja

Berita Terbaru Saat masih bayi, anak belum dapat lakukan beberapa hal sendiri. Oleh karenanya, sebagai orangtua, Anda butuh membantunya lakukan apa pun. Tetapi, seiring menambahnya umur, Anda harus juga memberikan karakter mandiri pada anak. Memberikan karakter mandiri pada anak sangat penting. Jangan sampai, anak tumbuh dengan karakter manja terlalu berlebih, sebab hal itu dapat berpengaruh buruk untuknya di masa depan sampai mengganggu kehidupan sosialnya. Nah sebelum telat, yuk ketahui semenjak awal pertanda anak begitu manja, seperti Hostcoremedia mencuplik dari iMom :

Ciri-Ciri Anak Begitu Manja

Ingin menang sendiri
Jika si kecil mempunyai saudara kandung, coba lihat bagaimana dia memperlakukan saudaranya. Apa dia ingin share mainan dengan kakak serta adiknya, atau malah ingin memilikinya sendiri. Bila anak ingin mempunyai mainan atau makanan untuk dirinya, karena itu rutinitas itu harus langsung diperbaiki.Anak yang manja umumnya akan mengamuk saat ia tidak memperoleh apa yang diharapkannya sampai Anda atau orang lain memenuhi keinginannya. Serta si kecil akan merasa enggan untuk mengucapkan minta tolong serta terima kasih jika memperoleh sesuatu.

Tidak paham nilai kerja keras
Beberapa orangtua mengaplikasikan nilai usaha keras pada anaknya. Contohnya jika anak lakukan suatu hal yang baik, dia akan memperoleh hadiah seperti mainan yang diharapkannya. Tetapi jika si kecil tidak ingin lakukan apa pun tetapi tuntut untuk membeli mainan dengan memaksakan, mungkin itu sinyal dia sedang berlaku manja.Kalaulah Anda menjelaskan ‘tidak’ padanya, anak akan berlaku kasar pada Anda. Bila telah semacam ini, semestinya Anda mulai mengurangi rutinitas memberikan apa pun yang mereka meminta tanpa dimulai dengan kerja keras.

Susah memecahkan masalah
Tanda anak manja ialah mereka belum dapat pecahkan permasalahan yang mereka sebabkan atau yang terkait dengannya. Anak condong mengadu serta minta Anda membantu mengakhiri permasalahannya. Ya Moms, sebetulnya tidak jadi masalah menolong si kecil kadang-kadang. Tetapi, Anda harus juga memberi anak peluang untuk mencoba mengakhiri permasalahannya sendiri. Hal tersebut dapat juga membuat belajar mengurus emosi.

Merengek
Merengek serta merintih ialah dua tanda penting jika anak sudah dikasih kebanyakan keleluasaan. Jika ini bersambung terus-terusan, mereka akan mempunyai karakter yang buruk. Coba untuk bicara pada si kecil mengenai arti rasa mengucapkan syukur serta menumbuhkan rasa terima kasih pada orang lain.

Kurang empati
Seorang anak yang manja cuma akan lihat dunia dari pemikirannya. Dia tidak tahu jika di luar sana masih beberapa orang yang kekurangan atau beberapa anak seumurnya yang tidak dapat memperoleh seperti apa yang dia temukan. Si kecil juga jadi kurang berempati saat dia disuruh untuk menolong sama-sama atau membantu.Walau demikian, jadi orangtua, kita butuh berintrospeksi diri. Mungkin pemicu si kecil jadi manja sebab seringkali memberi apa yang ia kehendaki. Oleh karenanya, sekarang waktunya Anda mulai mengajari anak untuk lebih mandiri serta menghormati orang lain, hingga karakter begitu manjanya lambat laun hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *