Rasa Air Di Planet Mars Seperti Makanan?

Rasa Air Di Planet Mars Seperti Makanan?

Berita Terbaru Seorang ilmuwan Jepang menyebutkan jika Mars pernah mempunyai kandungan air yang rasanya seperti dengan kuah ramen yang asin. Ini dia sebutkan sesudah sukses membuat air yang kandungannya diakui mirip dengan yang berada di Mars miliaran tahun lalu .

Dalam satu studi yang diterbitkan di jurnal Nature Communications pada Jumat 25 Oktober 2019 lalu, tim periset Jepang mengklaim sudah sukses membuat air yang kandungannya seperti dengan yang berada di Mars 3,5 miliar tahun yang lalu. Menurut periset, kandungan garam serta mineral pada air itu memberi keadaan yang memberi dukungan munculnya kehidupan di Mars.

Beberapa periset meyakini jika air dengan kandungan sama pernah berada di wilayah bernama Gale Crater yang terdapat dekat dari garis ekuator Planet Merah itu. Mereka sukses mereplikasi air itu dengan memakai data sedimen yang disatukan robot pelacak Curiosity.

Rasa Air Di Planet Mars Seperti Makanan?

Waktu menganalisa data itu, tim periset memakai sebuah teknik yang biasa dipakai untuk riset pengolahan limbah nuklir. Mereka temukan jika kandungan garam pada air di Mars itu sekitar sepertiga tingkat garam pada air laut di Bumi.


“Rasa air itu mungkin seperti sup miso serta kuah mi ramen,” tutur Yasuhito Sekine, profesor di Tokyo Institute of Technology sekaligus juga anggota tim periset, dikutip Japan Times.

Sekine memberikan tambahan, jika air itu kaya mineral seperti magnesium. Team periset yakini jika konsentrasi garam dapat naik ke level itu sebab air di Gale Crater perlahan menguap dalam periode 1 juta tahun.

Keisuke Fukushi, profesor di Kanazawa University sekaligus juga anggota tim periset, berharap teknik yang dipakai dalam riset ini akan buka jalan untuk pelajari apa lingkungan yang dapat memberi dukungan kehidupan pernah berada di Mars. Dia memberikan tambahan jika dengan mempelajari hal tersebut, kita dapat tahu kapan serta bagaimana lingkungan itu bisa hilang dari Mars.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *