Seputar Mengenai Hewan Bison

Seputar Mengenai Hewan Bison

Berita Terbaru Bison ialah hewan seperti kerbau memiliki ukuran besar yang hidup di Eropa serta Amerika Utara. Keunikan hewan yang satu ini ialah rambut lebat dibagian depan tubuhnya, yang membuat penampilannya terlihat makin besar serta garang.Tetapi tidak hanya penampilannya, masih ada banyak hal-hal lain yang unik dari bison. Ingin tahu apa saja ? Yuk, kita dalami lewat deretan seputar mengenai bison di bawah ini :

Seputar Mengenai Hewan Bison

Ada 2 spesies yang masih hidup
Spesies bison yang masih bertahan sampai sekarang ialah bison Amerika (Bison bison) serta bison Eropa (Bison bonasus). Tetapi ada lumayan banyak spesies bison lain yang diketahui, yang sayangnya sekarang telah punah.Satu diantara yang populer ialah bison stepa (Bison priscus) yang penampilannya seperti dengan bison kekinian, tetapi mempunyai sundul yang semakin besar. Ada juga bison raksasa (Bison latifrons) yang ukuran badan dan tanduknya ialah yang paling besar. Semua spesies bison yang ditemukan berhabitat di lokasi yang dingin di Eropa atau Amerika Utara.

Adalah mamalia darat paling besar di Eropa serta Amerika Utara
Ukuran bison tidak sekedar hanya besar. Bila Asia serta Afrika punyai gajah jadi mamalia darat paling besar, karena itu di benua Eropa serta Amerika Utara predikat itu digenggam oleh bison. Bison Eropa ialah mamalia darat paling besar di Eropa, serta bison Amerika ialah mamalia darat paling besar di Amerika.Dari kedua-duanya, bison Eropa punyai ukuran semakin besar. Dicatat Live Science, panjangnya sekitar 3 mtr. serta berat sampai 1 ton. Sedang bison Amerika memiliki ukuran seputar 2,1 mtr. serta berat badan sampai 900 kg.Walau besar serta berat, bison nyatanya ialah pelari cepat. Menurut Encyclopedia Britannica, kecepatan lari mereka dapat sampai 65 km /jam! Oleh karena itu mereka menjadi sangat beresiko, serta masalah serangan yang fatal pada manusia sering berlangsung tiap tahun.

Miliki punuk besar di bahunya
Satu diantara keunikan bison tidak hanya bulu lebat dibagian depan tubuhnya ialah punuk besar yang mencolok di bahunya. Berlainan dengan punuk unta, punuk bison tidak tersusun dari lemak untuk cadangan makanan. Punuk bison ialah otot besar yang didukung oleh tulang belakang yang memanjang ke atas.Peranan dari otot punuk tersebut ialah untuk menolong menggerakkan kepalanya untuk bersihkan salju sekalian berjalan, persis kendaraan pembersih salju. Sebab semua spesies bison hidup di lokasi bersalju, potensi ini penting untuk menelusuri serta cari makanan.

Sudah pernah hampir punah karena pemburuan
Hidup berkelompok, punyai ukuran besar, serta mempunyai sundul jadi beberapa keuntungan yang membuat bison cuma punyai dikit predator alami. Cuma beruang grizzly atau sekumpulan serigala yang punyai potensi untuk memangsa mereka. Tetapi ada satu predator lain yang jauh lebih mengerikan dari mereka: manusia.

BBC menceritakan jika padat tahun 1500-an, ada sekitar 30 sampai 60 juta ekor bison di Amerika Utara. Tetapi pemburuan besar-besar yang diawali tahun 1700-an membuat populasi mereka menyusut mencolok sampai betul-betul musnah di sejumlah tempat. Mereka khususnya dicari untuk diambil kulit dan tulangnya.

Sudah sempat hampir punah, populasi bison Amerika pada akhirnya dapat diselamatkan. Sekarang pemburuan bison telah menyusut, tetapi susah kembalikan populasi bison seperti yang lalu. Situs IUCN alias Uni Internasional untuk Konservasi Alam memberikan status hampir terancam pada bison Amerika serta rawan untuk bison Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *