Dampak Berbahaya Saat Makan Sambil Berjalan

Dampak Berbahaya Saat Makan Sambil Berjalan

Berita Terbaru Saat makan, kita disarankan untuk duduk serta menikmati makanan dengan tenang. Tetapi kadang, saat aktivitas melanda, makan saja tidak sempat. Akhirnya, kita harus melahap makanan sekalian terus bekerja –multitasking. Serta, bukan tidak mungkin jika kita akhirnya memesan makanan yang dibungkus serta akan sembari berjalan.Walau lebih menyingkat waktu, nyatanya kan sambil jalan dapat memunculkan beberapa masalah kesehatan, lho.

Salah satunya dampak yang terbesar ialah membuat kita jadi makan semakin banyak.Menurut sebuah studi oleh Kampus Surrey pada tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Health Psychology, responden yang makan sekalian berjalan condong melahap makanan dalam jumlahnya semakin banyak. Serta, banyaknya lebih besar daripada mereka yang makan sambil menonton tv.

“Makan sambil jalan akan menyebabkan orang makan lebih banyak setelahnya,” tutur pemimpin riset Jane Ogden, seperti diambil dari Business Insider.

Dampak Berbahaya Saat Makan Sambil Berjalan

Mengapa dapat demikian?
Rupanya, perasaan puas waktu makan dipengaruhi oleh dua bagian, dari sisi mental serta fisik. Pemikiran kita akan memberikan sinyal kenyang, seperti perut kita merasakan kenyang.Nah, berjalan akan memberi distraksi yang besar pada kegiatan makan kita. Mengakibatkan, kemampuan kita dalam mengolah efek makan yang menghasilkan rasa kenyang serta puas jadi menyusut. Diluar itu, berjalan dapat mengakibatkan kita dengan tidak sadar memberi reward pada diri sendiri.

“Berjalan, serta hanya di sekitar koridor, bisa dipandang seperti bentuk latihan yang selanjutnya membenarkan makan berlebihan menjadi bentuk hadiah,” lebih Ogden.


Walau berjalan ialah distraksi paling besar serta paling berpengaruh, tetapi masalah dalam bentuk apa pun –termasuk makan di meja kerja bisa menyebabkan kenaikan berat tubuh. Pokoknya, sepanjang kita tidak berkonsentrasi penuh dalam nikmati makanan, dampak negatifnya ialah tidak menyadari makanan apa yang kita makan. Khususnya, jumlah makanan yang telah masuk, pada akhirnya membuat berat tubuh melonjak, serta menyebabkan obesitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *