Rutinitas Positif Yang Termakan Oleh Perkembangan Zaman

Bercengkerama dengan keluarga atau kerabat di dunia nyata

Berita Terbaru Pergantian zaman semakin berlangsung, dari mulai keperluan manusia, trend atau pola hidup, sampai tingkah laku atau rutinitas satu orang. Beberapa puluh tahun waktu lalu, kita mungkin terlatih dengan pekerjaan melihat tv atau dengar radio, tetapi sekarang pekerjaan itu tergantikan dengan skema digital atau lewat jaringan internet.Akan tetapi, karena pergantian jaman, beberapa rutinitas positif yang dulu dilakukan beberapa orang mulai tergerus serta perlahan-lahan dibiarkan. Apa saja rutinitas itu? Di bawah ini tentang rutinitas positif yang mulai hilang termakan oleh perkembangan zaman yakni :

Bercengkerama dengan keluarga atau kerabat di dunia nyata

Kegiatan membaca buku fisik
Hadirnya benda bernama gawai jadi permulaan awal pekerjaan membaca buku dengan fisik berubah ke buku elektronik. Keunggulannya, pekerjaan membaca buku dapat dikerjakan dimana-mana tanpa ada butuh repot bawa buku tebal.Sebab fakta keringanan, sekarang beberapa orang lebih pilih membaca buku lewat hp pandai atau tablet dibanding membaca buku fisik.Walau sebenarnya, bila dilihat dari sisi kesehatan, membaca buku elektronik lebih beresiko karena terkena radiasi sinar pada gawai. Ini berlainan dengan membaca buku dengan fisik yang lebih aman.Bahkan juga, membaca buku dengan fisik bisa menajamkan ingatan. Merilis situs Mental Floss, membaca buku fisik bisa membuat pembaca lebih gampang menyerap serta mengingat info bacaan daripada mereka yang membaca buku elektronik.

Menulis di atas kertas
Rutinitas positif yang lain yang mulai meredup karena pergantian jaman ialah pekerjaan menulis di atas kertas. Sekarang, pekerjaan menulis di atas kertas masih dikerjakan oleh pelajar sekolah atau mahasiswa.Tetapi, buat warga umum sampai pekerja profesional, pekerjaan menulis di atas kertas diganti dengan pekerjaan menulis lewat cara menulis di computer, laptop, atau hp pandai.Walau sebenarnya, pekerjaan menulis di atas kertas mempunyai efek positif buat satu orang, seperti menolong otak untuk membuat ingatan motorik, hingga satu orang jadi lebih gampang mengingat apa yang sudah dia catat.

Bercengkerama dengan keluarga atau kerabat di dunia nyata
Rutinitas positif seperti bercengkerama dengan keluarga maupun rekan dengan nyata mulai berubah pada jaman saat ini. Pekerjaan itu mulai beralih semenjak tehnologi mulai merambah dalam sendi-sendi kehidupan.Bila dulu berjumpa keluarga ke kampung halaman bisa menyembuhkan kerinduan, tetapi sekarang pekerjaan itu dapat dikerjakan cukup dengan lakukan panggilan video atau melalui hp pandai maupun laptop. Akhirnya, pekerjaan bertatap muka bersama dengan beberapa orang tercinta juga berubah ke dunia maya.

Rutinitas menjaga sikap sopan santun
Perubahan jaman yang terus bergerak maju nyatanya turut membuat skema tingkah laku satu orang beralih saat itu juga. Satu diantara misalnya, yaitu kedatangan sosial media yang hampir tiap orang memilikinya.Terkadang, seringkali diketemukan pemakai sosial media yang kebablasan dalam memberi komentar, hingga tidak jaga nilai-nilai sopan santun waktu membubuhkan komentar. Akhirnya, rutinitas jaga sikap sopan santun pada orang juga jadi luntur.

Jaga privasi
Rutinitas positif yang lain yang mulai surut karena pergantian jaman, yaitu jaga privasi. Sekarang, privasi jadi hal yang wajar dibahas, hingga beberapa orang merasakan tak perlu mengawasinya.Walau sebenarnya, tiap orang punyai ruangan privacy semasing serta seharusnya tiap orang jaga privasi, terhitung aibnya sendiri. Tetapi, sekarang, adanya pergantian jaman, terhitung ramainya pemakaian sosial media, kita dapatkan persoalan privasi diangkat serta dibahas massa dengan ramai-ramai.Pada akhirnya, beberapa orang yang jatuh dalam tingkah laku repot mengatur privasi orang, daripada jaga serta mengatur diri kita.

Demikian, rutinitas positif yang mulai tergerus perubahan zaman. Sebenarnya, jaman memang beralih, tetapi jangan membuat satu orang turut terbawa arus sampai jatuh ke perilaku negatif yang ujungnya justru bikin rugi diri kita. Apa kamu merasakan pergantian ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *