Panduan Menyembuhkan Mata Minus Dalam Kurun Waktu 1 Minggu

Panduan Menyembuhkan Mata Minus Dalam Kurun Waktu 1 Minggu

Berita Terbaru Mata minus atau miopia adalah kondisi saat mata tidak bisa melihat benda dari jarak jauh dengan jelas. Sekarang ini semakin banyak cara-cara yang dilakukan dan ditawarkan, yang katanya bisa menyembuhkan mata minus hanya dalam waktu seminggu. Ada yang bilang minum inilah, ada yang bilang makan itulah. Persis seperti penawaran peninggi badan atau pemutih kulit, ataupun pembesar ini itu.

Sebenarnya, apakah benar ada cara-cara yang bisa menyembuhkan mata minus dalam seminggu? Berdasarkan update terbaru dari hellosehat.com dalam rilisnya yang berjudul “Benarkah Ada Cara Menyembuhkan Mata Minus dalam Seminggu?”, ini ulasan lengkapnya!

Panduan Menyembuhkan Mata Minus Dalam Kurun Waktu 1 Minggu

Orang bisa mengalami mata minus karena kondisi fisik mata yang berubah dari normalnya
Mata minus atau miopi terjadi ketika bayangan jatuh di depan retina. Miopi juga terjadi akibat kornea (lapisan terluar mata) yang terlalu melengkung karena panjang bola mata atau lensanya terlalu tebal.

Maka itu, orang dengan miopia memiliki penglihatan jarak jauh yang buruk. Objek yang jauh akan terlihat buram sebab fokus mata tidak jatuh tepat pada retina. Ini bedanya mata orang normal dan yang mengalami mata minus.

Penggunaan kacamata pada penderita miopi tidak akan menyembuhkan mata minus
Sejauh ini, penanganan mata minus yang paling umum dilakukan dengan menggunakan kacamata. Namun, penggunaan kacamata ini bukan bersifat menyembuhkan mata minus atau menghilangkan minus.

Kacamata digunakan untuk membantu mata memfokuskan kembali bayangan yang masuk agar bisa tepat jatuh ke dalam retina. Kacamata membuat mata seolah-olah bisa bekerja seperti mata normal. Ketika kacamata dilepas, minus mata pun akan tetap ada.

Mata minus bisa disembuhkan, termasuk dengan asupan nutrisi yang tepat, tapi tidak dalam waktu yang cepat
Ada berbagai iklan sekarang ini yang menjanjikan dengan minum ini atau makan itu, minus bisa sembuh hanya dalam seminggu. Ini tentu saja tidak logis. Mata minus terjadi karena kondisi kornea yang terlalu melengkung.

Makan atau minum sesuatu jelas tidak bisa mengubah bentuk kornea jadi normal dalam sekejap. Kalau melalui operasi, ini masih mungkin masuk akal, sebab operasi mata mengubah langsung bagian mata yang membuat pantulan cahaya terfokus di retina.

Makanan yang kaya vitamin dan mineral pun tidak bisa mengobati minus dalam waktu cepat. Makanan dan minuman adalah zat yang mendukung kesehatan mata, bukan mengobati. Kalau Anda menemukan banyak informasi atau iklan yang belum pasti kebenarannya dan mengiming-imingi bisa mengobati mata minus, sebaiknya jangan mudah percaya.

Operasi mata mungkin saja mengobati mata minus, tapi tidak bisa berefek instan
Jika ingin menghilangkan minus mata, cara yang bisa dilakukan dalam dunia kedokteran saat ini adalah dengan operasi. Dilansir dalam laman National Eye Institute, ada dua jenis operasi yang bisa dilakukan yakni PRK (photorefractive keratectomy) dan yang paling populer adalah LASIK (laser in situ keratomileusis).

Keduanya sama-sama menghilangkan minus dengan menghilangkan jaringan dari lapisan kornea. Bedanya LASIK dilakukan dengan membuat lipatan di permukaan kornea, sedangkan PRK tidak.

LASIK, operasi koreksi penglihatan dengan laser yang paling populer ini, bekerja dengan membentuk kornea (kornea diratakan) bagian depan mata sehingga ketika ada cahaya yang masuk melalui kornea bisa benar-benar terfokus pada bagian retina di belakang mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *