Penyebab Bayi Bisa Lahir Kembar Siam

Penyebab Bayi Bisa Lahir Kembar Siam

Berita Terbaru Diketahui beberapa waktu yang lalu bila Putu Ayu Sumadi (17) melahirkan bayi kembar siam berjenis kelamin wanita dengan bagian dada sampai perut menyatu. Dia melahirkan lewat operasi caesar di RS Shanti Graha, Kabupaten Buleleng, Bali .

Sebagaimana menurut pernyataan suaminya, Kadek Redita (24), satu hari sebelum agenda kelahiran, dia mengantarkan Putu Ayu, ke RS Shanti Graha, Saat diperiksa itu, berita bahagia disampaikan sang dokter. Dokter, kata Redita, mengatakan bayi yang dikandung Ayu kembar serta tidak ada pertanda kelainan. Oleh karenanya, ia tidak menduga keturunan pertamanya lahir dalam keadaan tersambung keduanya.

Penyebab Bayi Bisa Lahir Kembar Siam

Menurut dokter obgyn di RSUP Sanglah, Bali, dr. AG Ngurah Jayakesuma, keadaan bayi kembar siam adalah satu diantara kelainan bawaan pada kelahiran bayi.

“Kelainan bawaan ialah kelainan yang diketemukan waktu di rahim atau waktu lahir. Serta dempet ialah terhitung kelainan bawaan walaupun juga kelak ia dapat hidup secara baik,” tutur dr. Jaya, demikian dia biasa dipanggil, di media.

Ia menyebutkan belumlah ada analisis yang pastikan pemicu kembar siam. Tetapi, dari data yang dikumpulkan dr. Jaya, umumnya 60 % dikarenakan oleh unsur lingkungan.

“Kelainan bawaan dari data yang kami mengumpulkan, 60 % kelainan bawaan yang kami tangani paling beberapa dari lingkungan. Udara polusi, makanan, minuman,” katanya.

dr. Jaya menjelaskan kembar siam berlangsung waktu proses perkembangan bayi di kandungan, sel telur tidak membelah dengan prima.

“Kehamilan dempet datang dari satu telur, selanjutnya membelah, demikian tercipta calon bayi di kantong mulai membelah membuat bayi. Saat akan terbelah dua hari sekali. Tetapi, ia tidak berhasil membelah diri,” tutur dr. Jaya.

“Nah ini tidak berhasil mereka telat membelah. Berhentinya proses pemisahan ini akan terikut sampai besar. Jadilah ia bayi minim keduanya,” paparnya.

Bayi kembar sebetulnya bisa didiagnosis semenjak umur kandungan 7 minggu. Namun, baru bisa terdeteksi tentu pada umur 8 minggu dengan ukuran 1 cm.

dr.Jaya memberikan tambahan, “Kondisi bayi satu, dua atau tiga dapat diyakinkan juga. USG untuk lihat apa ia hamil, apa hidup, apa satu atau dua, di atau di luar rahim serta kelainan lain.”

Karena itu, Anda butuh konsumsi makanan bergizi, bahkan juga sejak punya niat lakukan program hamil. Penuhilah keperluan zat gizi penting yang dibutuhkan untuk memperhatikan kesehatan ibu serta janin, seperti asam folat, zat besi, kalsium, protein, serta yodium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *