Fakta-Fakta Kesamaan Di antara Orangutan dengan Manusia

Fakta-Fakta Kesamaan Di antara Orangutan dengan Manusia

Berita Terbaru Berbulu kemerahan, hidup di atas pohon, serta dijuluki jadi pemelihara hutan. Dia ialah orangutan, primata yang dimasukkan ke kelompok gawat (critically endangered) oleh International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN).Hewan ini disebut mempunyai banyak keserupaan dengan manusia. Dikutip dari National Geographic, kita serta mereka share 97 % DNA yang sama. Karena itu tidaklah heran bila terdapat beberapa karakter manusia yang dipunyai oleh mamalia itu. Kamu paham.kamu mengerti tidak dimana-mana letak kemiripan itu? Yuk baca penjelasannya di bawah ini dikutip dari berbagai sumber!

Fakta-Fakta Kesamaan Di antara Orangutan dengan Manusia

Orangutan mempunyai garis rambut serta bentuk tulang yang sama juga dengan manusia
Persamaan pertama terdapat pada ciri fisik. Tidak seperti umumnya hewan, orangutan mempunyai garis rambut yang mengatur ke arah mana rambut mereka jatuh. Dikutip dari National Geographic, fitur unik ini tidak dipunyai oleh primata lain. Persamaan lain terdapat pada bentuk bilah bahu dan rasio di antara tulang rawan serta tulang keras. Diluar itu, masih ada lebih dari 20 karakter fisik yang sama di antara manusia serta orangutan.

Bentuk mulut kita sama juga dengan orangutan
Persamaan DNA selanjutnya dapat kamu temukan pada garis mulut primata asal Sumatra serta Kalimantan itu. Bila dilihat-lihat seperti dengan manusia, iya kan? Tidak itu saja, Jeffrey Schwartz, periset dari University of Pittsburgh Pennsylvania menjelaskan jika langit-langit mereka cekung, seperti kita.

Ibu serta anak orangutan sama-sama menyayangi
Nyatanya tidak hanya manusia saja yang memiliki ikatan erat dengan ibu. Bentuk kasih sayang yang sama diketemukan pada orangutan. Ada banyak hal yang dapat menunjukkan pernyataan ini.

Pertama, beberapa pakar primatologi yakin jika ikatan itu ada sebab waktu kanak-kanak hewan itu cukup panjang. Anak orangutan memerlukan waktu delapan tahun sampai dapat hidup sendiri. Sepanjang itu, sang ibu tetap menggendongnya, memberikan makan, serta membimbing mereka.

Bukti yang lain, saat si anak mati duluan, ibunya selalu menggendong jasad itu sepanjang beberapa minggu. Sebaliknya saat sang ibu yang mati, anak akan berada di sampingnya sampai menyusul mati karena kelaparan.

Tanda penuaannya seperti seperti manusia
Menurut riset dari Veterinary Pathology, orangutan mempunyai tanda-tanda penuaan yang sama dengan manusia. Salah satunya ialah pengeroposan pada gigi serta tulang, terusiknya penglihatan, rambut rontok, dan timbulnya uban. Bahkan juga beberapa dari mereka dapat terserang penyakit jantung serta peradangan sendi lho!

Cara deteksi kehamilan yang sama
Kamu tentu tahu kan bagaimanakah cara memeriksa kehamilan pada manusia. Nyatanya hal yang sama berlangsung pada orangutan betina. Cheryl Knott, pakar antropologi biologi menjelaskan jika cara mendeteksi kehamilan pada primata itu ialah lewat urinenya. Beberapa penangkar orangutan nyatanya melakukannya dengan test pack yang biasa dipakai para wanita.

Mereka dapat tertawa
Bukan hal yang mengagetkan, terdapat beberapa jenis primata yang diketahui dapat tertawa serta mempunyai selera komedi. Untuk orangutan, mereka akan tertawa saat dikasih rangsangan. Contohnya saat digelitik atau disentuh perutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *