Apakah Berbahaya Menggelitik Bayi?

Apakah Berbahaya Menggelitik Bayi?

Berita Terbaru Melihat bayi ketawa rasanya benar-benar menggemaskan ya,? Karena itu tidaklah heran jika Anda atau sering melakukan beberapa cara supaya si kecil terus ketawa, contohnya lewat gelitikan.

Ya gelitikan yang datang di badan si kecil umumnya tetap sukses membuat si kecil geli serta ketawa lebar. Tidak hanya lucu, peristiwa ini juga bisa membuat ikatan di antara ibu serta bayi.

Walau demikian, What to Expect memberikan laporan menggelitik bayi nyatanya miliki dampak lainnya. Contohnya saja, gelitikan dapat membantu bayi melatih potensi sensorinya sebab si kecil dengan automatis akan memberi respon sentuhan yang diberi Anda.

Apakah Berbahaya Menggelitik Bayi?

Manfaat yang lain, gelitikan bisa menghilangkan depresi pada bayi Anda, dan menolong bayi untuk belajar membuat perlindungan tubuhnya, sebab bayi tahu dimana wilayah sensitifnya. Tetapi, gelitikan pun tidak selama-lamanya baik! Bisa saja tawa si kecil sebetulnya palsu, apalagi bila bayi Anda belum dapat berkomunikasi.


“Reaksi tubuh pada rasa gelitik ialah refleks yang tidak disengaja. Sentuhan itu ke arah somatosensori serta anterior cingulate,” jelas Santosh Kesari, PhD, pakar saraf di Providence Saint John’s Health Center di Santa Monica, California, seperti diambil dari The Washington Post.

Ya, gelitikan memberikan sinyal pada otak yang bereaksi lewat cara tawa. Karena itu baik bayi atau orang dewasa akan ketawa jika digelitik.
Selanjutnya, jika Anda mempunyai balita atau anak yang bisa bicara, Stephen Glicksman seseorang psikolog dari Universitas Yeshiva menjelaskan bila si kecil minta gelitikan itu disetop, karena itu berhentilah.

“Gelitik sama dengan kegiatan tubuh ke tubuh yang lain, memerlukan persetujuan kedua pihak,” lebih Stefani Goerlich pekerja sosial sekaligus juga terapis seks.
Diluar itu, Goerlich cemas gelitikan bisa membuat bayi trauma. Ditambah lagi bila bayi atau anak memberi sinyal tidak senang tetapi orang dewasa atau orangtua tidak menghiraukannya.

“Memberikan bayi atau anak atas kendali untuk badan mereka serta hak bayi atau anak untuk menjelaskan tidak,” kata Goerlich.
Sama dengan orang dewasa, bayi serta anak mempunyai hak untuk memutuskan, apa ingin digelitik ataukah tidak. Jadi orangtua tentu saja Anda harus menghargai.Tidak hanya melalui gelitikan ada bermacam langkah lain untuk membuat bonding dengan bayi Anda. Contohnya dengan membaca buku bersama dengan, mengelus tubuhnya tiap ingin tidur, ajak bicara, menyusui atau menyuapi makanan kesukaanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *