Apa Dibolehkan Ibu Menyusui Mendonorkan Darah?

Apa Dibolehkan Ibu Menyusui Mendonorkan Darah?

Berita Terbaru Sudah merupakan keharusan seseorang ibu untuk memberi nutrisi paling baik pada bayinya melalui menyusui. Tidak hanya masalah gizi, menyusui dapat dibuktikan memberi banyak kebaikan buat ibu serta bayi. Sama seperti dalam waktu kita mendonorkan darah, banyak faedah kebaikan yang kita atau orang temukan.

Mengenai manfaat donor darah diantaranya dapat menjaga kesehatan jantung, menolong turunkan berat tubuh, turunkan efek kanker, sampai tingkatkan produksi sel darah merah pada tubuh. Tetapi, aman tidak ya mendonorkan darah saat masih menyusui?

Apa Dibolehkan Ibu Menyusui Mendonorkan Darah?

Mencuplik Mom Junction, menurut pedoman Palang Merah Amerika, Anda tidak bisa mendonorkan darah paling tidak sampai 6 minggu sesudah melahirkan. Tetapi anjuran Palang Merah Amerika berbeda dari anjuran Palang Merah Indonesia (PMI) lho, Moms.

Karena menurut PMI DKI Jakarta Unit Transfusi Darah, Anda dapat mendonorkan darah di atas 6 bulan sesudah melahirkan atau tiga bulan sesudah berhenti menyusui.

Pasti saran ini sebab ada pertimbangannya, Moms. Karena, untuk menghasilkan ASI berkualitas, seseorang ibu butuh konsumsi nutrisi yang didapat dari darah. Diluar itu , donor darah rawan membuat ibu menyusui alami anemia.

Sekalipun jadi anjuran (bukan larangan), maka jika Anda ingin masih mendonorkan darah saat masih menyusui, semestinya konsultasi dahulu dengan dokter di PMI. Ini sebab keadaan setiap ibu yang bisa jadi berbeda.

Peluang Anda diperbolehkan donor darah jika si kecil telah mendapatkan MPASI lumayan banyak, Anda tidak menanggung derita anemia, hipertensi, kelainan pembekuan darah dan lain-lain. Ada banyak point yang perlu diingat saat Anda ingin mendonorkan darah:

  • Masih terhidrasi dengan minum air putih sesudah mendonorkan darah.
  • Kenakan baju yang nyaman dimana Anda dapat menyingsingkan lengan pakaian dengan gampang.
  • Konsumsi makanan seperti zat besi selama beberapa minggu sebelum Anda merencanakan mendonorkan darah.
  • Pergilah bersama dengan suami atau kerabat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *