Pusing Menatap Layar Komputer? Ini Cara Menghilangkannya

Pusing Menatap Layar Komputer? Ini Cara Menghilangkannya

Berita Terbaru Komputer merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi banyak orang seperti pekerja kantoran, freelancer, hingga pelajar. Biasanya mereka menatap layar komputer dengan waktu yang cukup lama. Tak jarang mereka merasakan sakit kepala setelah melihat layar komputer. Lalu mengapa seseorang bisa merasa sakit kepala setelah melihat layar komputer?

Hal ini disebabkan oleh Computer Vision Syndrome atau biasa disebut sindrom penglihatan komputer. Sindrom ini dapat memengaruhi kesehatan mata hingga kepala. Sehingga banyak dari penderita sindrom ini mengalami masalah penglihatan dan sakit kepala. Hal ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tapi tenang saja, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit kepala akibat terlalu lama melihat layar komputer. Berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan.

Pusing Menatap Layar Komputer? Ini Cara Menghilangkannya

Mengatur pencahayaan komputer
Coba kamu cek lagi deh apakah pencahayaan komputer kamu sudah pas atau belum. Hal ini sangat penting untuk mengatasi sakit kepala akibat melihat layar komputer. Aturlah pencahayaan komputer yang pas. Pencahayaan yang terlalu terang dapat membuat mata sakit. Pencahayaan yang terlalu gelap juga akan membuat mata bekerja lebih ekstra sehingga menjadi sakit kepala.

Mengatur pencahayaan ruangan
Tak hanya pencahayaan komputer saja yang harus kamu atur. Kamu juga harus mengatur pencahayaan ruangan kerjamu. Bekerjalah di ruangan yang terang tapi jangan terlalu terang karena akan membuat matamu tidak nyaman. Lalu jangan pernah bekerja di ruangan yang gelap kalau kamu tidak ingin sakit kepala. Memangnya kamu mau ngapain sih melihat layar komputer di tempat yang gelap?

Perbaiki postur tubuh
Mungkin kamu sering mengalami sakit kepala setelah melihat layar komputer karena postur tubuhmu yang salah. Cobalah untuk lebih rileks saat bekerja agar badan tidak kaku. Selain itu kamu juga dapat mengatur jarak pandang dengan layar komputer. Idealnya, jarak pandang dengan layar komputer sekitar 50-60 cm.

Istirahat sejenak
Walaupun pekerjaan sedang menumpuk, luangkan sedikit waktumu untuk beristirahat sejenak. Istirahat sejenak akan membantu mengatasi sakit kepala akibat melihat layar komputer. Kamu dapat mencoba untuk menarik napas panjang agar pikiran menjadi lebih rileks. Serta jangan lupa untuk selalu mengedipkan mata sesering mungkin agar mata tidak kering.

Minum obat
Kamu juga dapat mengonsumsi obat pereda sakit kepala jika kamu masih merasa pusing. Beberapa contoh obat sakit kepala yang dapat kamu konsumsi antara lain aspirin, ibuprofen, dan naproxen. Kamu bisa menemukan obat tersebut di apotik terdekat. Tapi ingat, jangan minum obat saat perut masih kosong ya.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit kepala akibat melihat layar komputer. Memang melihat layar komputer dalam waktu yang lama dapat menyebabkan sakit kepala.

Dengan memperbaiki kebiasaan kita saat melihat layar komputer, maka sakit kepala bisa diatasi. Tetapi kalau sakit kepala tidak kunjung hilang juga, kamu dapat pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *