Mengenal Penyakit Pneumonia

Mengenal Penyakit Pneumonia

Berita Terbaru Penyakit Pneumonia atau paru-paru basah adalah salah satu penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi pada anak, terutama anak di bawah 5 tahun. Pneumonia terjadi ketika terdapat infeksi yang mengakibatkan peradangan pada kantong udara (alveolus), baik pada salah satu atau kedua paru-paru.

Umumnya, penderita akan sesak nafas, mual, dan demam. Penyebabnya sendiri biasanya akibat bakteri dan virus. Menurut data dari Departemen Kesehatan, pada 2017, sebanyak 2 ribu balita Indonesia meninggal akibat penyakit pneumonia. Namun, penyakit ini juga bisa diderita oleh orang dewasa. Berikut beberapa fakta mengenai penyakit pneumonia yang dirangkum Hostcoremedia dari berbagai sumber :

Mengenal Penyakit Pneumonia

Gejala pneumonia berbeda-beda, tergantung pada usia
Gejala pneumonia pada anak dan orang dewasa berbeda. Pada anak, biasanya mereka akan mengalami sesak di bagian dada, sulit bernafas, dan kadang bibir serta kukunya berwarna biru atau abu-abu. Pada orang dewasa, biasanya badan akan terasa menggigil, diare, muntah, dan kembung.

Orang dengan asma berisiko lebih tinggi
Pneumonia terjadi karena adanya beberapa virus, seperti Haemophilus influenza, Streptococus pneumoniane, atau bisa juga akibat komplikasi pada virus flu dan virus pada penyakit pernafasan lain. Itu sebabnya, seseorang yang mengidap asma juga memiliki kemungkinan besar terserang pneumonia.

Ibu hamil juga rentan terserang pneumonia
Ibu hamil rentan terserang berbagai virus karena daya tahan tubuhnya melemah akibat perubahan hormon. Jadi, saat hamil, waspadalah ketika mengalami flu dan batuk biasa yang disertai radang tenggorokan. Itu karena gejala awal pneumonia seperti itu sering dianggap remeh.

Kebiasaan mengupil bisa menyebabkan pneumonia
Inilah satu penyebab mengapa penyakit ini banyak menyerang balita. Dilansir dari New York Post, menurut jurnal European Respiratory penyebaran bakteri terjadi antara hidung dan tangan. Biasanya anak-anak tidak memperhatikan kebersihan tangan sebelum mengupil.

Hal tersebut juga berlaku pada orang dewasa dan orang tua yang berusia lanjut. Kebersihan tangan memang perlu dijaga, terutama saat hendak makan atau setelah bepergian.

Jarang sikat gigi dapat memicu pneumonia
Sikat gigi sesudah sarapan dan sebelum tidur memang wajib dilakukan. Tujuannya tidak hanya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut, melainkan juga menjaga kesehatan organ tubuh lainnya, seperti paru-paru.

Dilansir dari laman Bustle, jika mulut mengandung banyak kuman dan bakteri, kuman patogen yang masuk lewat mulut menuju ke paru-paru. Itu sebabnya seseorang bisa mengalami penyakit pneumonia.

Itulah beberapa fakta mengenai penyakit pneumonia atau paru-paru basah. Bagi kamu yang mengalami batuk dan flu dalam jangka waktu yang lama, jangan remehkan, ya. Segera ke dokter jika kamu atau keluargamu terserang pneumonia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *