Fungsi Menguyah Makanan 32 Kali

Fungsi Menguyah Makanan 32 Kali

Berita Terbaru Makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia perlu melewati proses pemecahan atau pemotongan yang dilakukan dengan cara mengunyah. Meskipun terlihat sepele ternyata mengunyah juga ada aturan yang disarankan lho. Menurut medis proses mengunyah yang paling baik itu dilakukan sebanyak 32 kali.

Merasa keberatan karena banyaknya angka yang harus kamu ikuti? Tenang, sebab inilah fungsi dari mengunyah makanan sebanyak 32 kali.

Fungsi Menguyah Makanan 32 Kali

Mengurangi tekanan pada sistem pencernaan
Mengunyah makanan sebanyak 32 kali membuat kerja sistem pencernaan lebih ringan. Saat mengunyahnya secara perlahan dengan benar maka pemecahan karbohidrat dan glukosa akan terjadi di mulut dan mempercepat sistem pencernaan mengolahnya. Dengan begitu artinya kita telah mengurangi tekanan dan menjaga sistem pencernaan bekerja tidak terlalu berat.

Membuat proses penyerapan nutrisi lebih maksimal
Bukan cuma bikin pencernaan bekerja lebih mudah tapi dengan mengunyahnya sebanyak 32 kali kita juga memudahkan nutrisi terserap lebih maksimal. Semakin kecil molekul yang diterima tubuh maka semakin mudah enzim memecah dan mengekstrak nutrisi lainnya. Ini juga memperkecil kemungkinan nutrisi terbuang melalui eksresi.

Memperbaiki beberapa kesehatan kronis
Tahu gak sih guys ternyata cara kita mengunyah makanan bisa berdampak hingga perbaikan penyakit kronis lho. Penderita insomnia akan merasa tidur lebih cepat dan pulas dengan mengunyah makanan 32 kali secara perlahan. Tidak sampai disitu saja, pasien dengan keluhan iritasi usus juga bahkan bisa memperbaiki iritasi usus mereka dengan mengunyah makanan dengan cara ini.

Menghindari rasa kantuk setelah makan
Penyebab rasa kantuk setelah makan adalah kebiasaan mengunyah yang terburu-buru. Kondisi itu membuat darah dari otak dan ekstremitas ikut tergesa-gesa menuju perut dan sistem pencernaan yang dibebani terlalu berat hingga menyebabkan rasa kantuk dan tidak berenergi seperti lemas setelah makan.

Namun saat kita mengunyahnya lebih tenang sekitar 32 kali maka lebih sedikit pula aliran darah yang perlu mengalir ke perut. Akhirnya setelah makan tubuh justru lebih energik dan terasa ringan karena terisi dengan benar.

Membantu menurunkan berat badan
Mungkin kamu akan menyangka penurunan berat badan bisa terjadi di saat seperti ini karena kita bosan mengunyah dengan jumlah yang banyak. Namun penurunan berat badan dengan motode mengunyah 32 kali ini terjadi bukan karena hal itu. Tapi untuk mencapai titik kenyang tubuh butuh waktu untuk menerima sinyal bahwa perut sudah cukup terisi. Disinilah sinyal itu bisa tersampaikan dengan baik dan membuat kita kenyang dengan porsi yang tidak berlebihan.

Berbeda halnya bila kita mengunyah makanan secara singkat dan terus makan tanpa mengizinkan otak memberi sinyal bahwa perut sudah cukup terisi. Makan dengan penuh kesadaran dapat menurunkan 15% porsi makan dan ini adalah cara penurunan berat badan secara perlahan namun pasti.

Meskipun berat pada awal mencobanya tapi kebiasaan mengunyah 32 kali saat makan memberi banyak dampak baik bagi tubuh. Yuk, coba lakukan mulai sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *