Diet untuk Penderita Kanker Payudara

Diet untuk Penderita Kanker Payudara

Berita Terbaru Kanker payudara tempati rangking pertama untuk jenis kanker yang banyak terkena wanita Indonesia. Mengacu data dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) per Januari 2019, 42,1 dari 100.000 masyarakat alami penyakit ini. Tingkat kematiannya juga banyak, yakni 17 per 100.000 masyarakat.

Kanker ini berlangsung sebab terdapat sel tidak normal di ruang payudara. Dikutip dari Medical News Today, ada banyak unsur pemicu penyakit ini. Salah satunya ialah umur, genetik, kisah penyakit, serta jenis kelamin. Beberapa hal yang tidak dapat dikendalikan.

Tetapi bila seseorang wanita telah dapat dibuktikan menderita kanker ini, ada beberapa langkah yang dapat dikerjakan untuk menahan sel kanker makin bertambah ganas. Diantaranya dengan jaga pola makan atau diet. Di bawah ini saran serta pantangan diet buat penderita kanker payudara.

Diet untuk Penderita Kanker Payudara

Kedelai serta olahannya
Kedelai ialah sumber makanan yang dapat kurangi efek mengembangnya kanker payudara. Kamu dapat menemuinya pada susu kedelai, tahu, tempe, dan sebagainya. Produk nabati itu kaya protein, lemak sehat, vitamin, mineral, serta rendah karbohidrat.

Tetapi yang sangat penting, kedelai memiliki kandungan anti-oksidan yang diketahui jadi isoflavon. Dikutip dari Medical News Today, riset di 2017 tunjukkan jika isoflavon erat hubungannya dengan penurunan angka kematian sebab semua jenis penyakit.

Buah serta sayuran
Dikutip dari NCBI, studi di tahun 2013 tunjukkan jika wanita yang semakin banyak konsumsi makanan berbasiskan tumbuhan mempunyai efek kanker 15 % lebih rendah. Oleh karenanya penting buat pasien kanker payudara untuk perbanyak mengonsumsi buah serta sayuran.

Terdapat beberapa nutrisi yang dapat kamu temukan dari kedua-duanya. Yang sangat penting untuk menahan perubahan sel kanker ialah flavonoid serta karotenoid. Kamu dapat memperoleh zat itu pada wortel, sayuran hijau, beri-berian, persik, serta brokoli.

Lemak baik
Makanan berlemak dapat mengakibatkan obesitas yang erat hubungannya dengan kanker, terhitung kanker payudara. Tetapi badan pasien penyakit itu memerlukan konsumsi lemak supaya bisa kerja secara baik. Bukan lemak jemu seperti yang terdapat dalam gorengan, tetapi lemak baik. Jenis makanan yang banyak terkandung zat itu ialah minyak zaitun, alpukat, biji-bijian, kacang-kacangan, serta ikan.

Salmon
Salmon memang ikan andalan yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Ini sebab ikan air dingin itu memiliki kandungan lemak tidak jemu (polyunsaturated fat) yang bernama omega 3. Zat itu benar-benar baik untuk turunkan tingkat perubahan sel kanker payudara.

Sekumpulan ilmuwan dari University of Kansas Medical Center mempelajari ini di tahun 2015. Mereka minta 3.000 wanita untuk konsumsi makanan yang memiliki kandungan omega 3, terhitung salmon. Hasil tunjukkan jika mereka sukses kurangi efek kanker payudara sebesar 25 % sampai tujuh tahun yang akan datang.

Biji-bijian
Wanita yang menanggung derita kanker payudara atau mempunyai kisah penyakit itu disarankan untuk konsumsi biji-bijian. Makanan itu salah satunya ialah gandum hitam, gandum, jagung, bulgur, serta beras. Dikutip dari Situs MD, mereka memiliki kandungan phytochemical yang dapat turunkan efek kanker sekaligus juga menahan sel kanker untuk kembali menyerang.

Makanan yang banyak terkandung serat
Beberapa pakar menjelaskan jika kelebihan estrogen dapat jadi satu diantara unsur perubahan serta penebaran sel kanker payudara. Hormon itu dapat didesak dengan konsumsi makanan yang kaya serat.

Ini sebab serat membuat lancar proses ekskresi, terhitung pembuangan estrogen berlebihan. Kamu dapat memperolehnya dari buah-buahan khususnya pisang, jeruk, apel, mangga serta strobery. Serat banyak juga didapati pada kacang-kacangan serta polong.

Makanan lain yang disarankan
Tidak hanya yang sudah disebut, masih ada makanan yang dapat ditambah lagi ke menu untuk pasien kanker payudara. Salah satunya ialah makanan yang banyak terkandung vitamin D, teh hijau, kunyit, bayam, minyak ikan, serta terong.

Batasi mengonsumsi gula
Gula sudah lama didapuk jadi makanan yang dapat menyebabkan sel kanker. Sebetulnya tidak ada jalinan dengan cara langsung di antara kedua-duanya. Sesendok gula tidak membuat sel kanker tumbuh bertambah cepat. Namun bila kandungan gula di badan terus bertambah, kita akan terserang obesitas, diabetes yang sangat mungkin kanker semakin berkembang.

Pantangan untuk pasien kanker payudara
Tidak hanya gula, ada banyak makanan yang perlu dijauhi sebab dapat tidak baik untuk proses pengobatan kanker payudara. Salah satunya ialah alkohol, lemak jemu, daging merah, makanan olahan, serta semanggi merah.

Pada intinya, pasien harus jaga skema makan yang sehat serta pastikan nutrisi badan tercukupi bila ingin pulih dari kanker payudara. Lihat skema makan serta kerjakan penyembuhan yang disarankan oleh dokter. Dengan demikian, proses pengobatan akan berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *