Efisien Yang Mana, Uang Jajan Harian atau Mingguan untuk Anak?

Efisien Yang Mana, Uang Jajan Harian atau Mingguan untuk Anak?

Berita Terbaru Tiap orangtua umumnya punyai langkah tertentu dalam memberi uang jajan untuk anak. Ada orangtua yang memberi uang jajan dengan harian, ada pula orangtua yang pilih dengan mingguan. Tetapi sebetulnya mana yang lebih baik menurut pakar?

Menurut perencana keuangan, Aidil Akbar, bila anak telah mulai mengeri langkah mengelola keuangan, Anda dapat memberi uang jajan dengan mingguan. Dengan demikian, kata Aidil, anak akan belajar serta berlatih untuk bikin rencana keuangan sendiri.

“Jika ia telah mulai pahami mengendalikan, semestinya per minggu. Dengan catatan anak tidak bisa dilepaskan. Jadi jika butuh dilatih dengan membuat rencana jajan”, kata Aidil waktu ditemui di acara Moms Mingle bersama dengan Sun Life di Hotel Santika Depok, Sabtu (28/7).

Efisien Yang Mana, Uang Jajan Harian atau Mingguan untuk Anak?

Dampingi anak waktu membuat rencana uang jajan sepanjang satu minggu, Moms. Contohnya hari Senin dia ingin minum dan makan apa, serta demikian seterusnya. Dengan demikian, tidak hanya Anda ketahui apa yang dikonsumsinya, Anda dapat juga tahu berapakah jumlahnya uang yang wajar diberi untuk anak. Yakinkan dari jumlahnya yang Anda berikan, dia masih mempunyai tersisa uang yang dipakai untuk menabung.

“Contohnya hari Senin makan apa, selasa sampai ini hari jumat. Jadi kita dapat juga tahu nominal yang ia gunakan berapakah. Saat kita kasih uang Rp 100 ribu jadi, ia dapat tahu Rp 20 ribu satu hari. Dari Rp 20 ribu itu 2 sampai 4 ribu ditabung. Bekasnya dapat buat kebutuhannya, contohnya Rp 3 ribu buat transport, Rp 12 ribu buat minum dan makan. Dengan catatan seperti itu anak dapat bikin planning serta dapat mengatur keuangannya,” tuturnya.

Lalu, mengapa anak penting membuat rencana uang jajan selama satu minggu ke depan?

“Sebab anak jika anak hanya dikasi jajan satu minggu itu akan habis dua hari. Jadi orangtua jangan cuma dapat ngasih dan bilang atur. Anak tidak akan tahu. Tetapi di ajarkan langkah ngatur kamu hari senin makan apa, minum apa, demikian seterusnya”, tuturnya.

Jadi, jika si kecil telah dapat mengendalikan keuangannya sendiri, karena itu semestinya beri anak uang jajan dengan mingguan, Moms. Tetapi, jika di rasa dia belum dapat melakukannya, karena itu beri saja si kecil uang jajan dengan harian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *