Inilah Gejala Serangan Jantung yang Umum Dialami Wanita

Inilah Gejala Serangan Jantung yang Umum Dialami Wanita

Berita Terbaru Kita tahu jika selama ini, sebagian dari kita mungkin keliru memahami tentang penyakit serangan jantung. Banyak dari kita menganggap penyakit serius satu ini selalu datang secara mendadak. Padahal, menurut studi yang dilakukan pada tahun 2003 oleh Universitas Arkansas, wanita mengalami paling tidak satu gejala minimal sebulan sebelum serangan jantung terjadi.

Kendati demikian, mayoritas wanita tak mampu bertahan saat mengalami serangan jantung pertama, jika dibandingkan dengan pria. Hal ini kemungkinan disebabkan gejala serangan jantung pada wanita sifatnya lebih samar, atau senyap, sehingga wanita sering “kecolongan”.

Nah girls, agar kamu tak sampai melewatkan gejala penyakit serius satu ini, penting sekali untuk memahami gejala spesifik serangan jantung pada wanita berikut :

Inilah Gejala Serangan Jantung yang Umum Dialami Wanita

Rasa nyeri pada tubuh, terutama bagian atas
Walau tidak menutup kemungkinan pria juga mengalami gejala ini, namun jenis nyeri pada bagian atas tubuh lebih sering terjadi pada wanita. Gejala ini tidak bisa dispesifikkan terjadi pada satu bagian, atau dihubungkan secara khusus dengan otot dan sendi tertentu.

Apabila kamu selama ini mengira bahwa serangan jantung hanya menimbulkan rasa sakit pada lengan serta ada sebelah kiri saja, ternyata tidak demikian.

Serangan jantung juga mungkin menimbulkan gejala rasa sakit pada bagian tubuh mana saja. terutama yang paling sering dijumpai adalah pada rahang, leher, kedua lengan, hingga punggung.

Gejala nyeri tersebut bisa bermula dari satu area, yang kemudian menyebar ke bagian tubuh lain secara bertahap, atau mendadak.

Berkeringat dingin
Tubuh terlalu banyak berkeringat tanpa penyebab yang normal, atau berkeringat dingin termasuk salah satu indikasi serangan jantung yang kerap dialami wanita. Keringat ini biasanya lebih terasa seperti diakibatkan oleh stres, bukannya aktivitas berat tertentu.
Selain itu, tubuh yang terasa dingin dan selalu basah/lembap juga dapat dijadikan indikator, bahwa ada kelainan dengan jantung seseorang.

Mengalami gangguan tidur
Menurut jurnal yang dipublikasikan pada 2013 lalu oleh US National Library of Medicine
National Institutes of Health, gangguan tidur ternyata dapat dihubungkan sebagai gejala serangan jantung.

Hampir separuh dari wanita penderita penyakit jantung, melaporkan bahwa mereka mengalami gangguan tidur beberapa minggu sebelum terkena serangan jantung.

Gangguan yang dimaksud yang berhasil terangkum di antaranya adalah susah tidur atau insomnia, terbangun berkali-kali sepanjang malam, serta merasa lelah walau sudah tidur dengan waktu cukup.

Perut bermasalah
Kebanyakan wanita mungkin mengalami nyeri, atau seakan perut ditekan dengan kuat sebelum terjadi serangan jantung. Hal ini sering diduga wanita sebagai gejala flu, maag, atau gangguan lambung. Padahal, bisa jadi itulah gejala serangan jantung. Selain nyeri, gangguan perut lainnya seperti mual, muntah, atau gangguan pencernaan juga bisa mengarah pada indikasi serangan jantung.

Sesak napas
Dalam studi lainnya yang diterbitkan oleh Circulation: Journal of the American Heart Association, sejumlah lebih dari 40 persen wanita menderita napas tersengal atau sesak napas, sebelum terjadi serangan jantung. Gejala ini menjadi lebih jelas saat disertai nyeri dada.

Untuk mengenali apakah ini adalah sesak napas biasa atau gejala serangan jantung, pada beberapa wanita mungkin merasa sesak napas saat berbaring, kemudian mereda ketika mereka duduk tegak.

Merasa tidak bertenaga
Rasa lemah, terguncang, hingga seperti tak ada tenaga juga menjadi gejala akut yang umum dari serangan jantung pada wanita. Gejala ini biasanya juga disertai dengan kegelisahan, panik, pusing, bahkan juga pingsan.

Kelelahan hebat
Sebuah survei dilakukan oleh Harvard Medical School, menjumpai bahwa hampir seluruh wanita mengalami kelelahan dan kehilangan energi sebelum terkena serangan jantung. Rasa lelah dan payah ini terjadi bahkan ketika kamu tak melalukan aktivitas apa pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *